Peran Digital Marketing Dalam Pemasaran Produk Perusahaan

Posted by

peran digital marketing

Digital Marketing atau pemasaran digital adalah suatu bentuk usaha mempromosikan dan memasarkan sebuah merek (brand) dengan menggunakan media digital yaitu melalui internet. Digital marketing kini merupakan strategi yang sangat popular dan efektif yang digunakan oleh hampir sebagian besar marketers di seluruh dunia. Hal ini merupakan dampak dari meningkatnya dunia internet dan teknologi, sehingga membuat internet menjadi market yang sangat prospektif dalam mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan seorang digital marketing untuk membantu segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing atau branding perusahaan yang dilakukan secara online. Tidak hanya mengandalkan seorang marketing offline saja, tetapi pada saat ini peran  seorang digital marketing juga tidak kalah pentingnya dengan marketing offline. Beberapa perusahaan besar atau kecil, dari teknologi sampai pabrik membutuhkan digital marketing untuk mengangkat marketing dan branding dari sisi digital.

Lalu apa tugas dari seorang digital marketing ? Berikut tugas-tugas seorang digital marketing :

  1. Membuat perencanaan promosi
    Setiap melakukan promosi, seorang marketing tersebut memiliki tugas untuk membuat perencanaan promosi sebelumnya dan tentu saja membuat evaluasi mengenai promosi yang telah dilakukan.

  2. Membuat konten pemasaran melalui website
    Menjadi seorang marketing pada bidang digital tentu harus memiliki skill dalam merangkai kata untuk disusun menjadi artikel yang berfungsi memberikan informasi kepada pembaca mengenai sesuatu yang relevan dan bermanfaat mengenai produk yang dipromosikan melalui website ataupun blog perusahaan.

  3. Pemasaran melalui social media
    Produk yang dipromosikan akan lebih mudah mengena di hati para pengguna internet lewat beberapa social media seperti twitter, facebook, linked, bbm, instagram dan lain-lain. Saat sekarang ini social media menjadi media promosi yang sangat efektif bagi perusahaan untuk mempromosikan produk/jasa nya. Sebagai contoh, instagram banyak digunakan untuk mempromosikan produk makanan/minuman perusahaan karena instagram merupakan sebuah platform social media yang lebih mengandalkan foto, sehingga orang tertarik untuk melihatnya.

  4. Menaikkan trafik website dengan teknik SEO
    Seorang digital marketing juga bertanggung jawab atas website yang dikelola agar bisa terindeks dengan baik di search engine dengan melakukan beberapa teknik SEO. Untuk mengetahui teknik SEO anda bisa searching di Google atau baca disini : 
Baca : Manfaat SEO Untuk Website Bisnis
Terkadang banyak perusahaan yang menyalahkan peran dari seorang digital marketing untuk menjalankan tugas atau jobdisknya diperusahaan tersebut. Seorang digital marketing yang seharusnya fokus untuk mempromosikan produk/jasa perusahaan secara online, disibukkan juga dengan pembuatan design grafis dan programming. Padahal sudah ada peran dari seorang Programmer dan Graphic Designer yang sesuai dengan jobdist dan kontribusinya mereka masing-masing.

Hal diatas tersebutlah yang membuat peran dan kinerja seorang digital marketing tidak berjalan semestinya, berantakkan bahkan tidak fokus jadinya. Yang seharusnya fungsi dari seorang digital marketing adalah mempromosikan produk/jasa atau mengangkat marketing dari sisi internet. Hal tersebut juga bisa kita lihat dengan banyaknya perusahaan yang merekrut seorang digital marketing dengan beberapa persyaratan yang tidak masuk akal tentunya. Salah satunya adalah mewajibkan seorang digital marketing menguasai design graphis secara baik dan juga programming. Walaupun tak disangkal seorang digital marketing juga mampu membuat design dan website pada umumnya.

Dari sisi sebenarnya, menjadi seorang digital marketing memang terlihat mudah karena dapat melakukan promosi hanya dengan menggunakan gadget ataupun komputer. Namun yang dapat menjadi masalah adalah apabila tidak mampu membuat pengguna internet menjadi tertarik untuk membaca atau mengunjungi website yang telah dikelolanya. Selain itu seorang digital marketing juga harus mampu menjual produk dengan cara yang halus. Salah satu caranya adalah dengan menulis artikel pemasaran dengan lebih menekankan pada manfaat yang dapat diperoleh oleh pembaca. Seorang digital marketing yang baik adalah seorang yang memiliki pengetahuan pembuatan web/blog, social media, forum, vidio marketing (youtube), email marketing (subcribe), sms marketing pokoknya yang berhubungan dengan internet bukan yang pandai mendesign atau membuat program (programmer).

Seorang digital marketing juga harus mengerti teknik SEO dalam mengoptimalkan website/blog perusahaannya agar web/blog tersebut mudah ditemukan dan dibaca oleh pengguna internet di search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Tanpa teknik SEO, web yang menjadi media dalam mempromosikan produk/jasa perusahaan tersebut akan sia-sia karena minimnya pengunjung atau bahkan tidak ada sama sekali. Web tidak terindeks dengan baik, tidak muncul di halaman pertama Google, bahkan tenggelam begitu saja. Secantik dan semahal apapun website yang dimiliki perusahaan tersebut tidak ada gunanya jika tidak menerapkan teknik SEO. Ibarat anda berjualan ditengah hutan yang tidak ada pengunjungnya.

Oleh sebab itulah digital marketing kini merupakan strategi yang sangat popular yang digunakan oleh hampir sebagian besar marketers di seluruh dunia. Banyak bermunculan berbagai Digital Agency, baik di dunia maupun digital agency di Indonesia dalam memberikan pelayanan jasa digital marketing. Digital Agency adalah perusahaan konsultan yang akan membantu usaha atau bisnis perusahaan dalam berbagai hal yang berkaitan dengan dunia digital, misalnya dalam ruang lingkup kerja marketing, promosi, teknologi, kreatif, development dan lain sebagainya.

Salah satu digital agency di Indonesia yang terkenal pada saat ini adalah Menara Digital. Perusahaan konsultan dibidang digital marketing ini sudah banyak berpengalaman dalam membantu klien/konsumennya dalam mempromosikan produk/jasa dari sebuah bisnis perusahaan agar tepat sasaran. Selain di Jakarta, Menara Digital kini juga hadir di kota Medan dalam memberikan pelayanan dibidang digital marketing seperti Jasa SEO, Jasa Web Design, Jasa Cyber PR, Jasa Konsultasi Digital Marketing, Jasa Iklan PPC dan Jasa Crisis Manajemen.

"Semoga dengan tulisan artikel saya ini, bisa bermanfaat untuk anda yang mencari tau apa sih tugas dari seorang digital marketing. Jangan jadikan seorang digital marketing menjadi seorang yang bisa meghandel pekerjaan apa saja seperti juga pekerjaan seorang graphic design. Walaupun tidak dipungkiri banyak seorang digital marketing yang bisa menguasai atau sekedar tau bidang design graphic. 
Pengalaman dalam melamar pekerjaan sebagai Digital marketing di salah satu perusahaan di Medan membuat saya bingung karena diwajibkan menguasai grapic design. Padahal sudah jelas ada fungsi seorang design graphic yang fokus dibidangnya untuk menjalankan jobdisknya tersebut. Ada juga pengalaman saya bekerja sebagai SEO di kota Medan juga yang mewajibkan karyawannya untuk berjualan padahal sudah ada fungsi seorang sales maupun  marketing dalam pembagian jobdisk tersebut.


Blog, Updated at: 21:36:00

2 komentar: