Cara Mengurangi Disk Space Usage Agar Tidak Full

Posted by

Disk Space Usage Full

Cara mengurangi "Disk Space Usage" agar tidak penuh di cPanel merupakan masalah yang banyak dialami oleh pemilik website dengan menggunakan hosting. Begitu juga dengan pengalaman yang saya rasakan akhir-akhir ini karena space yang saya gunakan bahkan sudah full dikarenakan banyaknya content yang selalu saya update setiap harinya melalui website wordpress saya.

Saya hampir tidak menyadari kenapa disaat saya ingin mengupload gambar untuk postingan wordpress saya selalu error atau gagal. Akhirnya saya cek hosting saya dan ternyata sudah full dengan kapasitas 1,6 Gb. Oh,, ya ampun apakah saya harus upgrade disk space hosting ke providernya disaat saya lagi urgent dan juga disaat saya belum memiliki dana untuk meng-upgradenya.

Akhirnya saya browsing kesana kemari dan menemukan solusi sementara untuk mengatasi masalah saya tersebut. Suatu saat nanti pasti akan penuh kembali "Disk Space Usage cPanel saya tersebut. Ok lah bagi anda yang penasaran bagaimana agar dsik space usage tersebut tidak full anda harus menghapus file sampah dan temprorynya. Caranya adalah sebagai berikut :
  1. Buka cPanel hosting anda, dan silahkan login
  2. Selanjutnya buka atau klik "Disk Usage" seperti gambar dibawah ini

    Cara Mengurangi Disk Space Usage Agar Tidak Full
  3. Nah,, disitu nanti anda bisa melihat di mana saja space yang banyak digunakan.

    Location Disk Space Usage cPanel
  4. Hapus Trash (tong sampah) dengan mengklik trash, Lalu klik "Empty Trash". Berhubung Trash saya sudah saya hapus semua ("Empty Trash"). Maka langkah selanjutnya saya ingin menghapus "tmp".
  5. "tmp" sendiri adalah file history atau cache jadi anda perlu juga menghapusnya.
  6. Klik "tmp" selanjutnya klik "Empty Trash.
  7. Jika sudah selesai lalu kembali ke halaman "Home" cPnael dan lihat "Disk Space Usage" anda sudah berkurang.

    Disk Space Usage Sudah Berkurang
Nah permasalahan sementara anda sudah teratasi. Cara diatas adalah tips agar menghapus file sampah di cPanel secara manual. Jika file sampah anda sudah pernah anda hapus dan sekarang mengalami hal diatas tersebut, maka sudah saatnya anda meng-upgrade Disk Space Hosting tersebut.

Silahkan hubungi admin atau customer dari provider hosting yang anda gunakan karena permasalahan penuhnya "Disk Space Usage cPanel" merupakan permasalahan klasik yang sering kita jumpai khususnya bagi anda pengguna web hosting.
loading...


Blog, Updated at: 21:13:00

2 komentar:

loading...