Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id

Posted by

Komunitas Pertanian Indonesia

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Walau beriklim tropis dan memiliki lahan yang cukup luas, namun disayangkan negara kita ini bukan merupakan negara penghasil padi terbesar di dunia. Padahal di era orde baru pemerintah telah mencanangkan swasembada beras bahkan bermimpi menjadi negara penghasil padi terbesar di dunia pada saat itu.

Kondisi pada saat inilah yang ingin dibenahi oleh para petani dan berbagai kalangan seperti forum dan komunitas pertanian untuk membentuk sebuah wadah komunitas yang peduli terhadap kondisi pertanian di Indonesia, salah satu nya dengan mendirikan forum dan komunitas pertanian Indonesia Agroteknologi.

Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia dari Agroteknologi merupakan forum yang memberikan edukasi dan ilmu pengetahuannya mengenai ilmu pertanian dan peternakan. Sebagai salah satu komunitas pertanian yang ada di Indonesia, Agroteknologi berkomitmen menjadi forum dan komunitas pertanian yang berguna dan bermanfaat bagi para petani Indonesia.

Salah satunya adalah dengan membentuk atau membangun sebuah wadah tanya jawab melalui sebuah halaman website yang bisa diakses oleh siapa pun. Dengan begitu masyarakat bisa melihat dan berinteraksi satu sama lainnya sesama para petani atau komunitas pertanian lainnya.

Baca Juga : Jual Bibit Online Khusus Daerah Medan

Pada umumnya sebuah komunitas pertanian dibentuk adalah bertujuan untuk :
  1. Membangun dan Mengembangkan serta mengkelola sumber - sumber Potensi –potensi  di bidang Pangan, pendidikan , kebudayaan dan  Kesehatan.
  2. Sektor Pangan Tujuannya yaitu : Ketahanan pangan dan Swasembada pangan secara metode organic ramah lingkungan, membagun sumber daya alam, Revolusi Pangan, Revolusi Hijau, Revolusi Hewan dan ternak.
  3. Meningkatkan dan melestarikan Ekologi lingkungan yang didalamnya yaitu : Manusia, Hewan, Tumbuhan, Tanah, Udara dan Air serta keragaman Hayati Ekosistem Lingkungan hidup yang seimbang.
  4. Melestarikan dan meningkatkan kesuburan  tanah dan  tanaman, Meningkatkan Kesehatan hewan dan  manusia, Serta melindungi dan menjaga ekositem lingkungan di bumi. Sehingga pertanian organic nantinya memberikan kesehatan bagi makhluk hidup.
  5. Bahwa pertanian organic harus mewujudkan prinsip ekologi. Masyarakat yang menghasilkan, memproses, memasarkan dan mengkonsumsi produk-produk organic harus melindungi dan memberikan keuntungan bagi lingkungan secara umum.
  6. Menjadikan pertanian organic yang harus membangun hubungan yang mampu menjamin keadilan terkait dengan lingkungan dan kesempurnaan hidup bersama. 
  7. Menjadikan pertanian organik yang mampu mencegah terjadinya resiko merugikan dengan menerapkan teknologi tepat guna, tepat sasaran, tepat waktu dan tepat dosis dan menolak teknologi yang tak dapat diramalkan akibatnya, seperti rekayasa genetika (genetic engineering). 
  8. Segala keputusan harus mempertimbangkan nilai-nilai dan kebutuhan dari semua aspek yang mungkin dapat terkena dampaknya, melalui proses-proses yang transparan dan partisipatif
Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id juga memberikan banyak manfaat dan tujuan seperti :
  1. Sebagai wadah untuk memberikan informasi, pengetahuan dan edukasi tentang pertanian.
  2. Memberikan informasi tentang budi daya tanaman dengan baik.
  3. Memberikan pengetahuan tentang ilmu tanah.
  4. Memberikan pengetahuan tentang hama dan penyakit pada sebuah tanaman.
  5. Memberikan pengetahuan tentang klasifikasi tanaman.
  6. Memberikan ilmu dan teknologi cara bercocok tanam yang baik dan cara pemanfaatannya yang tepat dan benar.
Dengan begitu, forum dan komunitas pertanian Indonesia bernama Agroteknologi ini bisa memberikan banyak manfaat bagi para petani dan peternak Indonesia.

Sumber : http://www.loaxgogreen.com/forum-dan-komunitas-pertanian-indonesia-agroteknologi-web-id/


Blog, Updated at: 22:15:00

0 komentar:

Post a Comment