Penyebab Layar laptop Blank Putih Dan Cara Memperbaikinya

Posted by

Monitor laptop blank putih

Beberapa waktu lalu saya dihubungi oleh teman saya. Ternyata dia sedang mengalami masalah pada laptop nya. Maklum saja laptop yang dimiliki teman saya adalah keluaran lama dengan merk lokal. Dulunya saya juga pernah memperbaiki laptop dia, namun dengan permasalahan yang berbeda.

Nah, ternyata permasalahan laptop yang terjadi pada saat ini terletak pada layar monitornya. Layar monitor laptop beliau blank putih saat dihidupkan. Akhirnya saya pun menyarankannya untuk membawa laptop tersebut ke rumah agar bisa saya perbaiki nantinya.

Penyebab layar laptop blank putih bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun untuk mengetahuinya tidak ada salahnya untuk mengetesnya terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Tekan tombol Fn + F2 sampai gambar di LCD laptop muncul.
  •  Jangan menggerakkan laptop sampai gambar pada laptop muncul, karena ini akan menambah kerusakan kabel fleksibel.
  •  Jangan sering buka dan tutup laptop.
Namun, jika langkah diatas juga tidak bisa membantu, coba ikuti langkah kedua dibawah ini :
  • Membongkar laptop bagian LCD. Buka penutup baut pada LCD, kemudian lepaskan bautnya, setelah itu gunakan obeng minus ( - ) untuk membuka Casing LCD (membuka laptop bagian LCD sebaiknya berhati-hati agar tidak merusak casing Laptop  anda tersebut).
  • Setelah Cover LCD terbuka kemudian melepas bagian LCD nya, buka 4 baut penahan LCD pada bagian samping kiri dan kanan, lalu tarik pelan-pelan dan letakkan di atas keyboard laptop, lihat dibagian belakang LCD terdapat beberapa kabel diantaranya adalah ada kabel LCD, kabel Camera, Kabel Antenna Wifi serta kabel Inverter.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melepaskan plester / solasi / selotapenya, tarik perlahan kabelnya sampai terlepas dari socketnya, bersihkan pin conektornya, kemudian pasang kembali, ganti plester / solasi / selotapenya supaya lebih kuat dan tidak bergeser pada saat buka tutup laptop.
  • Hidupkan Laptop, periksa apakah sudah normal atau tidak.
Jika tidak berhasil juga, kemungkinan ada beberapa kabel fleksibel yang putus di bagian as engsel antara penghubung layar dengan badan laptop. Untuk mengeceknya, silahkan anda buka engsel tersebut.

Kabel fleksibel yang putus
Foto : Kabel fleksibel putus satu
  • Setelah berhasil mengeluarkan kabel fleksibel nya, silahkan menyambungnya kembali menggunakan solder agar bisa bekerja kembali dengan baik.
  • Jika sudah menyambung tetapi layar tetap belum normal, berarti kerusakan sudah merembet ke mainboard atau memang layar monitor yang sudah waktunya minta ganti.
Baca Juga : Ciri-ciri Kerusakan Motherboard

Saran saya sebaiknya anda membawanya ke tempat service laptop terdekat di kota anda. Nah, berhubung saya dan teman saya tinggal di Jakarta, akhirnya saya pun menyarankan ke dia untuk membawanya ke tempat perbaikan laptop.

Ada banyak tempat perbaikan laptop di Jakarta yang bisa anda datangi. Anda bisa memilihnya sendiri, namun harus juga berhati-hati jangan sampai laptop yang mau anda service atau perbaiki ditinggal begitu saja.

Saran saya, sebaiknya anda bisa melihatnya langsung saat diperbaiki. Sekalian hitung-hitung menambah pengetahuan anda dalam memperbaiki laptop yang rusak, seperti kerusakan pada layar laptop yang dialami oleh teman saya ini.


Blog, Updated at: 15:08:00

0 komentar:

Post a Comment