Peran Penting Venture Capital Bagi Startup Pemula

Posted by

Peran Penting Venture Capital Bagi Startup Pemula

Venture Capital merupakan lembaga keuangan yang berfungsi memberikan dana untuk perusahaan rintisan atau startup. Dana itu akan diganti dengan saham dari perusahaan startup tersebut. Secara singkatnya VC ini mempunyai peran sebagai penyalur dana antara investor ke startup yang berpeluang sukses besar. Sementara itu, investor yang membantu menyalurkan dana dikenal sebagai Limited Partner atau LP. LP tersebut merupakan sebuah perusahaan investasi, orang kaya raya, ataupun orang-orang yang mengumpulkan dana pensiun. Karena perannya yang begitu besar untuk perusahaan startup, maka inilah ulasan lebih dalam mengenai tahap peran VC bagi startup pemula.

5 Tahap Peran Penting Venture Capital bagi Startup Pemula

1. Pengajuan Rencana Bisnis
Venture Capital akan menerima rencana bisnis yang diajukan oleh perusahaan startup. Perusahaan startup akan memberikan beberapa rancangan seperti penjelasan dari besarnya peluang bisnis yang Anda miliki, ulasan mengenai persaingan bisnis, solusi yang Anda tawarkan dari persaingan bisnis tersebut, proyeksi keuangan secara detail, background dan pengalaman dari semua anggota tim. Setelah itu akan diadakan diskusi internal mengenai keputusan diterimanya rancangan Anda ke tahap selanjutnya. Proses ini akan berjalan selama 3 minggu lamanya, namun masih bergantung pada jumlah rencana bisnis yang mereka terima juga.

2. Pertemuan
Apabila rancangan bisnis nantinya dirasa cocok oleh pihak Venture Capital, maka Anda akan dipanggil untuk melakukan diskusi. Sebelumnya akan ada percakapan terlebih dahulu via telepon sebelum bertemu. Durasi pertemuan tersebut berlangsung selama satu sampai dua jam. Pertemuan tersebut berguna untuk memutuskan apakah perusahaan startup Anda akan masuk ke tahap selanjutnya atau tidak.

3. Due Dilligence
Tahap selanjutnya disebut dengan due dilligence. Tahap ini akan berjalan selama kurang lebih 3 minggu sampai yang paling lama 3 bulan. Selama itu pula Anda akan menerima beberapa telepon, e-mail, wawancara, evaluasi bisnis, dan juga informasi lain yang dibutuhkan.

4. Dokumen Perjanjian
Setelah itu pihak Venture Capital akan menawarkan sebuah dokumen perjanjian. Dokumen itu akan disetujui kedua belah pihak. Jadi Anda bisa melakukan negosiasi untuk mendapat perjanjian yang paling tepat. Proses ini akan berjalan selama 3 hingga 4 minggu hingga seluruh legalitas terlengkapi.

5. Jenis Investasi VC
Investasi akan berlangsung selama berkali-kali sebelum mencapai exit. Terdapat setidaknya lima jenis investasi VC yang bisa berlangsung. Tahap pertama adalah seed capital. Seed capital adalah investasi tahap pertama yaitu di tahap validasi produk. VC akan memberi investasi untuk membantu perusahaan startup dalam melakukan riset pasar, biaya operasional, dan juga mengembangkan produknya. Tahap kedua adalah startup capital. Tahap ini berlaku bagi startup yang sudah mempunyai produk dan juga memperoleh penghasilan. Investasi yang diberikan akan dipakai untuk melakukan riset tambahan untuk memaksimalkan produk, serta untuk menambahkan anggota dalam tim.

Tahap ketiga adalah early stage capital. Tahap ini berlaku untuk startup yang sudah berjalan selama dua sampai tiga tahun dimana mereka sudah mempunyai kantor dan tim yang kuat. Selain itu, penjualannya juga tidak stuck di tempat. Di tahap ini Venture Capitalist akan memberi investasi untuk meningkatkan produktivitas serta efisiensi perusahaan hingga ke tahap akhir. Lalu di tahap ke empat ada expansion capital. Tahap ini berlaku untuk startup yang sudah stabil. Di tahap ini investasi akan dipakai untuk pemasaran. Sementara itu tahap terakhir adalah late stage capital yang berlaku untuk startup di tahap penjualan dan pendapatan impresif. Investasi diberikan untuk meningkatkan gaji pekerja, pemasaran, dan kapasitasnya.

Itulah tadi kelima tahapan peran penting Venture Capital bagi startup pemula. Terdapat salah satu VC yang terkenal akan kualitasnya, yaitu Convergence Ventures. Kunjungi saja website resminya di convergencevc.com untuk tahu lebih detail.


Blog, Updated at: 22:49:00

0 komentar:

Post a Comment