Tahap Perkembangan Anak Yang Harus Anda Pahami

Posted by

Tahap Perkembangan Anak Yang Harus Anda Pahami
Jika berbicara soal anak-anak, maka harapan banyak orang tua tentu saja yang melihat tumbuh kembang mereka, yang kemudian tumbuh menjadi seorang anak yang sehat. Dengan melihat kondisi pertumbuhan bayi baru lahir hingga usia bayi hingga berusia 3 tahun, ataupun hingga mereka sudah bisa berjalan dan berbicara. Tentu saja menjadi hal yang sangat penting bagi banyak orang tua, terutama Anda yang baru saja menjadi orang tua.

Tahap perkembangan anak sendiri memang sering berbeda-beda, namun pada umumnya banyak penelitian yang dilakukan terkait perkembangan anak yang disimpulkan hampir sama. Sehingga orang tua bisa mempelajari secara jelas mengenai perkembangan anak-anaknya. Dalam perkembangan tersebut istilah “usia emas” seringkali menjadi kata yang sering melekat pada hubungan yang ada pada setiap tahapan masa anak. Dari proses inilah anak mulai belajar, dan terbentuk karakter atau sifatnya. Di mana anda yang bisa membentuk karakter mereka menjadi lebih baik.

Jika seorang anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sangat baik dan berkarakter, tentu hal tersebut akan menjadi salah satu kebanggaan tersendiri. Nah, berbicara soal tahap perkembangan anak. Maka berikut ini akan kita bahas secara jelas mengenai tahap perkembangan anak baik dari sisi motorik sosial maupun bahasanya :

0 – 3 Bulan
Tahap pertama merupakan anak-anak atau bayi, di mana mereka memasuki usia 0 hingga 3 bulan. Dalam usia ini, si kecil akan mulai belajar untuk mengangkat kepala dan juga dadanya dari lantai, seperti melakukan push-up kecil. Selain itu, mereka akan mencoba untuk melatih fisik ataupun otot mereka yang sudah mulai mengeras dan juga bisa terbentuk atau dilakukan untuk bergerak.

Pada usia ini juga si kecil sudah bisa menggenggam erat jemarinya, serta melakukan motorik halus dengan memberikan benda yang dapat digenggam atau merasakan sentuhan halus yang dilakukan oleh orang lain. Anda juga bisa melihat kemampuan sosial nya dimana seorang bayi berusia 0 hingga 3 bulan memang membutuhkan suasana untuk beradaptasi. Namun seringkali mereka yang memiliki sosial yang cukup bagus tidak masalah dengan kondisi yang kurang nyaman ataupun tidak mudah rewel.

4-6 Bulan
Selanjutnya adalah usia 4 hingga 6 bulan, di mana usia ini merupakan salah satu usia saat bayi sudah tidak terlalu kecil ataupun terlalu takut untuk menggendongnya, namun juga belum terlalu besar. Di usia ini motorik yang bisa dilatih adalah dengan cara memiringkan badannya, ke sisi kanan dan juga kiri. Kemudian mencoba untuk menggulingkan badannya dengan tengkurap serta menggunakan tangannya untuk meraih berbagai benda yang ada di depannya. Motorik halusnya bisa saja berkembang dengan mulai mengeksplorasi mainan dengan menggenggam dan menggapainya, sedangkan untuk kemampuan bahasanya bayi di usia 4-6 bulan sudah mulai menggumam meskipun jarang jarang dilakukan.

7 – 9 bulan
Perkembangan anak usia selanjutnya ataupun tahapan perkembangan anak yang harus anda ketahui selanjutnya adalah untuk bayi berusia 7 hingga 9 bulan. Dimana pada usia ini, anak sudah terlihat kuat untuk melakukan gerakan, seperti meraih mainan tanpa jatuh, ataupun merangkak duduk dan juga mulai belajar memegang benda keras di sekitarnya. Motorik halus yang terus berkembang dengan kemampuan menggapai mainan dengan dua tangan, serta mencoba mengambil benda yang lebih kecil dengan ibu jari atau jari telunjuknya pada usia 7 hingga 9 bulan ini. Bayi juga sudah mulai menggumam atau mengatakan hal-hal atau kata-kata, yang seringkali mereka dengar meskipun ejaannya masih terasa ringan dan juga belum jelas.

10 – 12 bulan
Perkembangan selanjutnya merupakan bayi ketika usia 10 hingga 12 bulan. Di mana tak terasa sakit yang sudah memasuki usia 1 tahun yakni usia ketika si kecil sedang lucu-lucunya, atau sudah bisa diajak komunikasi dengan sangat baik. Dalam usia ini bayi juga telah pandai mengangkat badannya untuk berdiri, bahkan sudah bisa melangkahkan kakinya. Tak jarang beberapa bayi yang memiliki tubuh yang sangat baik bahkan sudah bisa berjalan atau merambat, meskipun hanya beberapa langkah saja.

Bayi di usia 10 hingga 12 bulan ini juga dapat duduk tanpa dukungan di belakangnya, serta memutar kepala tanpa kehilangan keseimbangan. Ia juga sudah mulai mengenali namanya serta mengenali berbagai benda yang mereka milik. Anda juga bisa melatih motorik halus mereka dengan menjaga keseimbangan ketika duduk serta memberikan contoh untuk melakukan tepuk tangan atau berbagai
respon menggunakan tangan.

1 – 2 Tahun
Di usia anak 1 hingga 2 tahun, si kecil akan memiliki refleks ataupun gerak respon yang lebih baik. Di mana ia sudah bisa berjalan mundur naik tangga menarik ataupun mendorong benda yang lebih berat. Di sisi lain mereka juga lebih senang untuk melakukan berbagai kegiatan yang membuat mereka penasaran seperti membuat menara dari balok, mencoret-coret ataupun belajar melepas celana serta bajunya. Anak yang masuk usia 1 – 2 tahun juga sudah bisa mengeluh ketika suhu terasa panas ataupun ketika dingin. Di usia 1 hingga 2 tahun ini beberapa Anak kita sudah mulai bisa bergumam atau berbicara meskipun dengan bahasa yang belum jelas namun sudah bisa dimengerti oleh orang tuanya.
loading...


Blog, Updated at: 12:47:00

0 komentar:

Post a Comment

loading...