Fans Page

Islandia Negara Terdamai di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?


Perasaan damai memang paling penting dalam menjadi warga suatu negara. Kini Institut Economics and Peace merilis daftar negara yang dianggap paling damai di muka bumi. Indonesia ada di urutan berapa?

Melalui daftar Global Peace Index tersebut dapat dilihat negara yang paling damai hingga yang dianggap tidak aman. Sebanyak 162 negara dinilai berdasarkan faktor keamanan dan kedamaian. GPI menganalisa 23 faktor meliputi level kejahatan, teror politik, impor ekspor senjata dan populasi tahanan di setiap negara.

Jawaranya adalah Islandia yang mendapat nilai sempurna dengan skor 1.148 yang disusul Denmark dan Austria. Negara Asia yang masuk daftar 10 besar hanya Jepang yang memang dikenal rendah kriminalitas. Masih ada Singapura (24), Malaysia (28), Taiwan (35), Laos (41), Korea Selatan (42), Mongolia (43).

Daftar 10 negara paling damai di muka bumi 2015:

1.Islandia
2.Denmark
3.Austria
4.Selandia Baru
5.Swiss
6.Finlandia
7.Kanada
8.Jepang
9.Australia
10.Republik Ceko

Nah, Indonesia ada di bawah Mongolia yaitu urutan ke-46. Menariknya, posisi negara ini hanya satu angka di bawah Perancis dan secara mengejutkan jauh lebih baik dari Amerika Serikat. Ya, negara Paman Sam itu berada di urutan ke-94, kalah damai dari Peru (92) maupun Bangladesh (84).

Sedangkan yang paling bontot adalah Syria di urutan 162. Hal itu menandakan Syaria adalah negara paling berbahaya atau penuh kekerasan. Makum saja, negara di Timur Tengah itu sedang bergejolak perang sipil karena ISIS.

Daftar 10 negara paling tidak damai di muka bumi 2015:
1.Syria
2.Irak
3.Afghanistan
4.Republik Afrika Tengah
5Somalia
6.Sudan
7.Republik Kongo
8.Pakistan
9.Korea Utara
10.Rusia

Post a Comment

0 Comments