4 Pekerjaan Jurusan IT yang Bergaji Tinggi, Tertarik Mencoba?

Posted by

4 Pekerjaan Jurusan IT yang Bergaji Tinggi

Era digital yang pesat seperti sekarang ini tentunya berdampak pula bagi para lulusan IT. Secara umum, Teknik Informatika (IT) merupakan jurusan yang mempelajari prinsip dasar ilmu komputer serta melakukan perancangan dan pengujian pada sistem operasi dengan algoritma tertentu. Biasanya dikenal pula dengan istilah coding. Menjadi seorang IT handal bukanlah pekerjaan mudah, perlu adanya skill dan tingkat ketelitian tinggi dalam menganalisis deretan angka setiap harinya. Maka dari itu, sebagian orang menganggap bahwa pekerjaan jurusan IT adalah pekerjaan yang menantang.

Meskipun menantang, pekerjaan jurusan IT dinilai sebagai pekerjaan yang memiliki peluang besar untuk mendapatkan gaji tinggi. Tak tanggung-tanggung, setiap bulannya kamu bisa mengantongi gaji kisaran 4 hingga 10 juta keatas. Ditambah lagi jika kamu sudah berkecimpung lama di bidang IT dan memiliki banyak sertifikat dibidang tersebut.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan bergengsi yang menawarkan jenjang karir bagus untuk para lulusan IT. Apa sajakah jenis pekerjaannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini :

1. Database Administrator
Seorang database administrator memiliki tugas pokok untuk menjaga integritas dan keamanan database suatu perusahaan. Tidak hanya itu saja, mereka juga melakukan perancangan dan pengembangan database agar bisa beroperasi secara efisien. Pengetahuan tentang RDBMS dan desain database merupakan skill utama yang harus dimiliki calon pelamar pada bidang pekerjaan ini.

Mengenai kualifikasi, seorang ahli database administrator biasanya haruslah lulusan Ilmu Komputer, Elektronika, Teknologi Informasi, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Untuk tingkat pemula atau fresh graduate akan diberikan gaji kisaran Rp 4 juta. Tetapi berbeda hal nya jika kamu telah memiliki pengalaman dan sertifikat ahli ataupun pelatihan.

2. IT Consultant
Perusahaan yang bergerak dibidang teknologi, salah satunya advertising agency tentu membutuhkan seorang IT Consultant yang paham akan teori teknologi dan bahasa pemograman. Pekerjaan jurusan IT yang satu ini memiliki tanggung jawab utama untuk merancang, mengevaluasi penerapan teknologi, memberi ide kepada perusahaan seputar penerapan teknologi informasi yang sudah atau akan digunakan, agar bisa mencapai target bisnis mereka.

Dilansir dari laman situs Qerja.com, seorang IT Consultant rata-rata mendapatkan gaji sekitar Rp 6 juta hingga Rp 12 juta. Bahkan perusahaan teknologi sebesar IBM berani membayar mahal karyawannya yang ahli dalam bidang IT Consultant sebesar Rp 14 juta.

3. SEO Specialist
Walaupun bidang pekerjaan ini bisa diajarkan secara otodidak, namun SEO Specialist tetap membutuhkan seseorang yang sudah ahli dalam bidang IT. Perusahaan ternama seperti Go-Jek, Tokopedia, Zalora, hingga Sociolla tentunya membutuhkan satu tim kerja yang mahir untuk mengoptimasi website mereka agar menempati halaman pertama pada mesin pencarian, yaitu Google.

Baca Juga : Siapa Sih Pakar SEO Medan?

SEO Specialist merupakan jawaban terhadap keresahan perusahaan atas menurunnya performa produk perusahaan, karena tersaingi produk lain yang mampu menempati halaman pertama di mesin pencarian. Umumnya, tugas utama seorang SEO Specialist adalah mengoptimasi sebuah website dan menganalisa website tersebut berdasarkan sudut pandang user, pembaca dan robot mesin pencari. Di Indonesia sendiri, gaji yang diberikan perusahaan kepada seorang SEO Specialist biasanya bisa mencapai Rp 10 juta perbulan.

4. System Analyst
Umumnya, tugas utama seorang system analyst adalah merencanakan dan menganalisa sistem perangkat lunak yang akan digunakan organisasi. Tidak hanya itu saja, seorang system analyst dituntut untuk mampu memahami apa keinginan klien mengenai perangkat lunak ataupun keras yang akan digunakan. Walau terbilang sulit, pekerjaan jurusan IT yang satu ini tetap saja nantinya menerima gaji tinggi hingga Rp 22 juta. Salah satunya perusahaan British Petroleum Indonesia yang siap memberikan gaji tinggi kepada karyawannya yang betul-betul ahli di bidang system analyst.

Setelah melihat beberapa pekerjaan jurusan IT tadi, tentunya sudah bisa ditarik kesimpulan bahwa lulusan IT sangat terjamin masa depannya. Mengingat hampir semua perusahaan pasti membutuhkan ahli teknologi. Untuk itu, kembangkan terus skill IT yang kamu punya agar nantinya kamu bisa bekerja di salah satu perusahaan bergengsi. Untuk informasi lainnya mengenai peluang kerja di jurusan IT bisa kamu baca melalui laman situs https://www.cekaja.com/info/kuliah-jurusan-it-ini-5-pekerjaan-yang-bisa-didapat/.
loading...


Blog, Updated at: 22:03:00

0 komentar:

Post a Comment

loading...