Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak

Posted by

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Anak

Setiap orangtua di muka bumi ini memiliki harapan yang sama, bisa melihat tumbuh kembang anak secara maksimal sesuai dengan usianya. Hal tersebut menandakan anak kita tumbuh dan berkembang dengan baik serta sehat. Karena bila ada gangguan kesehatan pertumbuhan anak akan mengalami hambatan.

Masa pertumbuhan anak memang sangat menggemaskan terutama saat anak mulai belajar berbicara. Bahasa, cara bicara serta nada bicara anak akan terdengar sangat lucu di telinga kita. Terutama bahasa apa dan bagaimana yang anak gunakan saat berbicara. Tentunya akan membuat Anda merasa ingin selalu mengajaknya bicara.

Penting bagi semua orang tua untuk bisa memahami tahap perkembangan bahasa anak sesuai dengan usianya baik saat si kecil masih batita, balita, bahkan jika anak sudah berusia di atas 5 tahun. Kemampuan berbahasa pada anak tentu saja terus berkembang sejak usia dini. Namun perkembangan tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya.

Menjalin Kerjasama yang Baik

Menjalin kerjasama dengan komunikasi yang baik dengan orang yang ada di rumah merupakan hal yang tidak boleh dilupakan adalah menjalin komunikasi untuk bisa bekerjasama. Tahapan berbahasa anak tentu saja bisa diketahui oleh orang dewasa yang berada di sekitar anak. Jangan lupa untuk selalu memberitahukan apabila ada perkembangan atau informasi baru yang perlu ditindaklanjuti. Selain itu komunikasikan dengan orang di rumah agar selalu menjaga cara bicara, nada bicara dan bahasa yang baik di hadapan anak.

Konsisten

Meski orangtua tidak ada, kesepakatan penggunaan gadget dan menonton TV tetap dilaksanakan. Anak akan mudah teralihkan perhatiannya dari TV/gadget bila diajak melakukan kegiatan yang menyenangkan. Sebagai orang tua Anda harus konsisten dalam menerapkan prinsip pola asuh pada anak. Misalnya dengan konsisten saat menyuruh anak untuk menghindari tv/gadget. Salah satu contohnya Anda juga tidak menggunakan gadget di depan anak atau sama sekali menghindarinya juga. Perkembangan bahasa anak akan cukup terhambat jika dipengaruhi dengan tv/gadget.

Menghindari baby talk, Gunakan Bahasa yang Benar

Baby talk mungkin akan terdengar lucu dan menggemaskan, tapi penting untuk diingat jika Anda sering mengggunakan kata dengan nada cadel yang justru tidak membantu pada tahap perkembangan bahasa anak. Anak akan terbiasa dengan bahasa tersebut hingga ia tumbuh besar. Walaupun tidak semua anak akan meneruskan bahasa baby talk tersebut, tetapi penggunaan bahasa baby talk akan menghambat cara berbicara pada anak. Tidak semua orang akan faham dengan bahasa yang diucapkan oleh anak.

Kegiatan Sehari-hari Sebagai Media Belajar Anak

Kegiatan sehari-hari juga sangat berpengaruh pada perkembangan bahasa anak. Sebaiknya Anda lakukan kegiatan yang bisa dijadikan media belajar bahasa bersama anak. Seperti misalnya main lego dengan paman, bernyanyi saat mandi dengan kakek nenek atau diajak bicara saat makan dengan pengasuh.

Usia Anak
Dengan bertambahnya usia pada anak, tahap perkembangan bahasa yang dimiliki juga akan semakin matang. Misalnya ketika anak sudah memasuki usia 4 tahun. Pada umumnya anak usia 4 tahun senang bermain kata-kata lucu meskipun tidak ada artinya. Anak pada usia ini bisa menjadi penemu kata yang luar biasa. Mereka suka sekali kata-kata yang berirama, kata-kata yang lucu dan sering diulang-ulang.

Percakapan dengan anak usia 4 tahun bisa terasa sangat menyenangkan, apalagi anak juga sudah mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sesuai situasi dan kondisi. Lain lagi dengan usia di bawah 4 tahun. Kosa kata yang sudah ia hafal tida begitu banyak. Cara pelafalannya pun tidak begitu jelas. Namun masih bisa diartikan atau di jawab oleh orang di sekitarnya.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Kenali pula karakter anak karena terkadang cara belajar anak berbeda-beda. Sehingga saat belajar bicara pun tidak akan semuanya cocok dengan cara belajar para orang tuanya.
loading...


Blog, Updated at: 12:15:00

0 komentar:

Post a Comment

loading...