Mengenal 5 Fakta Dibalik Keratin Zat Yang Menyerupai Rambut Asli Manusia

Posted by

Fakta Dibalik Keratin Zat Yang Menyerupai Rambut Asli Manusia

Keratin adalah zat yang sesungguhnya berasal dari protein rambut asli manusia. Yang ditemukan di seluruh lapisan kuku, rambut dan juga kulit. Keratin merupakan zat yang 90 persen menyusun bagian- bagian  tersebut. Tidak hanya di bagian tubuh manusia saja. Keratin kini juga banyak ditemukan di produk perawatan rambut yang dipercaya sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut
Keratin Di Dalam Produk Perawatan Rambut.

Selain ditemukan di lapisan kulit, rambut dan juga kuku. Keratin kini juga ditemukan di banyak produk perawatan rambut yang memiliki cara kerja menciptakan jalur untuk memudahkan asam amino menyerap ke dalam kulit kepala yang memudahkannya diserap folikel rambut. Jalur inilah yang nantinya berfungsi membuat penyerapan keratin dari luar jadi lebih baik yang akhirnya dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut kusam, kering dan susah diatur.

Namun dibalik manfaatnya untuk keindahan rambut. Masih ada fakta lain yang belum banyak diketahui oleh banyak orang soal zat keratin. Apa saja itu? Berikut 5 faktanya untuk anda.

1. Keratin Pada Produk Rambut Hampir Menyerupai Keratin Asli

Alasan perawatan keratin begitu diminati oleh banyak orang adalah karena resiko kerusakannya yang sangat minim  pada rambut. Seperti yang kita ketahui jika kebanyakan produk perawatan yang digunakan pada rambut sering sekali mengandung zat ammonia atau sulfat. Kedua zat ini terbukti berbahaya bagi kesehatan rambut dan juga tubuh manusia.

Sedangkan pada produk perawatan rambut yang menggunakan bahan keratin. Biasanya kandungannya hampir selalu menyatu dengan baik pada rambut dan  juga minim alergi. Karena produk ini biasanya memakai bahan dasar dari protein asli yang mirip dengan zat  keratin yang ada pada rambut manusia. Meski tidak 100 persen mirip zat keratin asli. Tapi biasanya produk perawatan dengan keratin memiliki hampir 80 persen zat keratin imitasi  yang menyerupai  dengan keratin rambut asli manusia. Yang sangat berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan rambut manusia.

2. Perawatan Keratin Memiliki Harga Yang Mahal

Karena bahan dasar perawatan rambut dengan keratin memakai bahan dasar  yang  hampir menyerupai zat yang ada pada tubuh manusia. Menyebabkan perawatan rambut dengan zat keratin jadi memiliki harga yang cukup mahal.Untuk satu kali perawatan dengan keratin saja. Entah anda melakukan pelurusan atau sekedar memberi vitamin pada rambut dengan keratin. Salon kecantikan biasanya akan mematok harga sekitar 2- 3 juta rupiah untuk sekali treatment. Cukup mahal untuk sebuah perawatan rambut tapi hasil yang akan anda dapat bisa jadi sangat maksimal.

3. Keratin Tidak Selalu Berdampak Baik

Meski sering diklaim aman dengan bahan dasar seperti rambut manusia. Nyatanya banyak produk dengan keratin yang masih berkemungkinan menyebabkan alergi. Ada sebuah zat bernama formaldehyde yang berjumlah cukup besar pada produk perawatan dengan keratin. Atau yang biasa dikenal dengan formalin yang cukup berbahaya jika terhirup oleh manusia. Karena meski dikatakan aman. Beberapa orang banyak yang alergi saat pertama kali mencium aroma produk perawatan yang menggunakan keratin. Efek ini juga berlaku untuk perawatan di salon yang jika sering terpapar langsung zat ini kebanyakan karyawan salon akan mengalami mimisan dan gangguan pernafasan. Perawatan ini juga tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil atau sedang dalam program hamil. Karena zat yang mampu terserap melalui kulit kepala ini akan berbahaya untuk janin.

4. Perawatan Keratin Dapat Mengubah Jenis Asli Rambut

Merawat rambut dengan keratin sesungguhnya tidak disarankan pada rambut dengan jenis wavy atau curly. Karena saat zat keratin meresap ke dalam kulit kepala dan juga rambut. Keratin akan mengurai protein asli rambut yang akan mengubahnya menjadi sesuai dengan protein yang ada pada keratin buatan. Dan efek samping ini akan berpengaruh pada rambut dengan jenis rambut curly yang kebanyakan tidak berbentuk lurus.

Meski hanya berlangsung sementara yaitu 3 bulan. Namun efek ini cukup panjang untuk merusak rambut jenis curly dan wavy. Karena meski lebih lurus namun bentuk asli rambut akan rusak dan bisa jadi jauh lebih kering saat efek keratin mulai menghilang. Untuk itulah perawatan keratin memang hanya disarankan untuk pemilik rambut lurus saja karena tidak memiliki efek samping yang berlebihan.

5. Memiliki Segudang Manfaat

Meski memiliki dampak dan juga efek samping yang akan memberi dampak buruk pada rambut.  Namun sesungguhnya keratin memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk rambut. Keratin sendiri memiliki kemampuan membuat rambut menjadi lebih lembut. sehat, kuat dan juga lebih halus. Bahkan khusus untuk pemilik rambut lurus, perawatan keratin sangat disarankan dilakukan 3 bulan sekali untuk menjaga kelembaban rambut agar selalu lembut dan bercahaya.

Meski memiliki harga yang cukup mahal dan juga masih memiliki resiko saat dipakai pada rambut. Tapi sesungguhnya dibalik kekurangan dan dampak negatifnya.Keratin selalu disarankan untuk digunakan oleh orang yang memiliki kondisi rambut kering, rusak dan juga mudah kusam. Karena keratin memiliki kemampuan untuk memperbaiki protein rambut yang rusak dari dalam

loading...


Blog, Updated at: 20:18:00

0 komentar:

Post a Comment

loading...