Fans Page

Tips Meracik Makanan Enak Penurun Gula Darah

Tips Meracik Makanan Enak Penurun Gula Darah

Resiko terkena penyakit yang serius sekarang sudah semakin meluas saja. Tidak hanya orang berusia lanjut, namun mereka yang masih berada di usia produktif juga sangat mungkin menderitanya. Seperti halnya penyakit diabetes yang saat ini diderita oleh anak kecil, remaja, dan lanjut usia. Untuk itu, selain kewaspadaan untuk mencegah penyakit ini timbul, anda juga harus mengetahui makanan penurun gula darah dan tipe meraciknya agar menjadi makanan yang enak disantap.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula yang tinggi. Hal ini terjadi karena hormon insulin di dalam organ pankreas yang tidak mampu bekerja maksimal sehingga kadar gula di dalam darah menjadi tidak terkontrol. Ada beberapa hal yang menyebabkan penyakit ini, di antaranya karena faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Tak heran jika penderitanya maupun orang yang beresiko terkena penyakit ini harus mengkonsumsi makanan penurun gula darah.

Baca JugaDeretan Jenis Makanan Yang Dapat Menambah Darah

Bagi penderita diabetes, mereka harus memakan makanan yang rendah gula atau memiliki kandungan rasa manis namun tidak melonjakkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karenanya, anda harus mengatur strategi agar makanan yang dimakan tetap enak tapi tidak membuat gula darah tinggi. Ada beberapa menu makanan yang bisa diracik dengan menggunakan komposisi makanan penurun gula darah agar lebih enak dimakan. Simak informasinya berikut ini!

Jus Tomat dan Alpukat Dengan Madu
Penderita dan orang yang beresiko menderita diabetes harus menjaga asupan dengan diet sehat dan seimbang. Untuk menu sarapan, sebaiknya anda tidak langsung memakan makanan berat dengan porsi karbohidrat yang tinggi. Anda bisa meminum jus dari buah yang rendah gula, seperti tomat dan alpukat. Dua buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, serta terbukti mampu mengurangi kadar gula darah.

Agar rasa lebih enak, anda bisa menambahkan gula jagung atau madu sebagai pemanis. Jangan salah, sebab madu murni sebenarnya boleh dikonsumsi penderita diabetes selama dalam pengawasan dokter dan takaran yang sesuai anjuran. Selain itu, anda juga bisa menambahkan campuran dark chocolate untuk memperkaya rasa jus anda di pagi hari. Menurut para ahli, dark chocolate memiliki kadar gula yang rendah dan tidak menyebabkan lonjakan dara gula darah.

Gado-gado Rendah Gula
Seperti yang kita tahu, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak memakan sumber karbohidrat yang tinggi gula seperti nasi putih. Sehingga harus diganti dengan nasi merah atau kentang dan umbi-umbian lainnya, dengan pengolahan makanan yang dianjurkan dengan cara direbus. Gado-gado, makanan khas asal Jakarta ini ternyata bisa dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes.
Untuk membuat menu makanan ini, komposisi yang perlu disiapkan adalah kentang, sayur-sayuran hijau, dan telur yang direbus.

Kemudian, buatlah bumbu kacang yang dibuat dari kacang almond yang dihaluskan serta dicampur dengan kecap manis rendah gula. Saat ini kecap manis rendah gula sudah ada di pasaran, atau bisa juga dibeli secara online agar lebih mudah mendapatkannya.

Anda tak perlu khawatir, sebab semua komposisi di atas aman dikonsumsi sebagai makanan penurun gula darah. Kacang almond dan telur memiliki khasiat untuk mengurangi kenaikan gula darah, sedangkan kentang sebagai sumber karbohidrat pemberi tenaga.

Rujak Sehat Sebagai Kudapan
Menderita penyakit diabetes bukan berarti tak boleh memakan kudapan enak. Rujak sehat bisa anda buat asal tahu komposisi yang pas dan aman. Buah-buahan yang bisa dimakan adalah jeruk, anggur, apel, serta mentimun.

Untuk rujak, pilih lah apel malang dengan rasa manis asam untuk memperkaya rasa. Sebagai bumbu, campurkan cuka sari apel, kecap manis rendah gula, sedikit garam, dan cabai yang dihaluskan. Rujak sehat pun siap disantap. Buah-buahan itu tidak memiliki kadar gula yang tinggi, serta cuka sari apel justru baik dikonsumsi karena tinggi antioksidan.

Selain tips meracik makanan di atas, anda juga harus tahu lima makanan penurun gula darah lainnya yang bisa anda baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/hari-diabetes-ini-5-makanan-penurun-gula-darah/

Post a Comment

0 Comments