Fans Page

Wajib Dilakukan, Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Berseri

Perawatan Wajah Pria untuk Kulit Sehat dan Berseri

Ada beberapa kelebihan pada kulit pria dibanding wanita, seperti kolagen yang lebih banyak sehingga membuat mereka tidak mudah terkena keriput. Akan tetapi, kulit pria juga cenderung lebih berminyak dengan pori-pori yang lebih besar, sehingga perlu untuk melakukan perawatan wajah supaya selalu terlibat bersih. Belum lagi wajah pria mudah ditumbuhi bulu sehingga perlu mencukur dengan rutin, bahkan jika ingin merawat jenggot, perawatan pun harus semakin ditingkatkan supaya jenggot tidak kotor. Lalu, bagaimanakah perawatan wajah pria yang seharusnya dilakukan?

Tahap-Tahap Merawat Wajah untuk Pria

Untuk merawat wajah sehingga tampak bersih, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Basuh wajah dengan air hangat sebelum bercukur
Sebagian dari kamu mungkin sering bercukur jenggot atau kumis begitu saja tanpa memperhatikan akan terjadi iritasi atau tidak. Padahal, sembarang bercukur kadang membuat wajah berjerawat atau gatal karena iritasi. Contohnya, usai bercukur akan timbul bintik berwarna merah, rupanya hal tersebut adalah tanda folikel rambut teriritasi. Untuk menguranginya, kamu bisa membasuh wajah menggunakan air hangat terlebih dulu sebelum bercukur. Fungsi air hangat adalah untuk mencegah iritasi sekaligus melembabkan kulit. Selain itu, rambut yang terkena air hangat biasanya lebih lemas sehingga mudah dicukur. Jika penggunaan air hangat masih kurang, coba pakai juga krim khusus cukur.

2. Bercukurlah dengan gerakan sesuai tumbuhnya bulu
Pisau cukur yang tajam memang akan menghasilkan proses mencukur yang lebih aman dan bagus, tetapi supaya bulu pada wajah tidak menjadi lebih berantakan, kamu juga harus memperhatikan arah mencukur yang benar. Ada baiknya untuk mencukur sesuai dengan arah rambut tumbuh, bukan kebalikannya. Hal ini akan membuat pertumbuhan rambut lebih rapi dan tidak semrawut.

3. Aftershave bukan hal yang wajib diterapkan
Produk-produk aftersave dimaksudkan untuk digunakan usai bercukur, tetapi sebenarnya hal ini tidak begitu perlu. Terlebih pisau cukur sekarang sudah canggih dan mudah untuk digunakan mencukur. Apabila memang ingin menggunakan produk aftersave pun ada baiknya tidak menggunakan yang memiliki kandungan alkohol. Sebab, alkohol kadang membuat kulit tambah kering, sehingga lebih direkomendasikan menggunakan produk non alkohol.

4. Jangan menggosok kulit wajah ketika mengeringkannya dengan handuk
Kamu mungkin memiliki kebiasaan untuk menggosokkan handuk ke muka usai mandi atau membasuh wajah. Hal seperti ini sebaiknya dihentikan mulai sekarang karena bisa meningkatkan risiko kulit teriritasi. Sebagai gantinya, tepuk-tepuk ringan wajah dengan handuk supaya air di wajah terserap handuk.

5. Selalu gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari memang bagus untuk kulit tetapi paparan yang berlebihan akan membuat kesehatan kulit terganggu. Sinar UV pada sinar matahari(biasanya sinar dari pukul 10 pagi sampai 4 sore) sangat berbahaya karena dapat mempercepat proses penuaan, kerutan, menimbulkan flek hitam dan lain sebagainya. Bahkan sinar UV bisa menembus pakaian maupun jendela, sehingga ketika bekerja dengan ruangan ber-ac pun tetap harus menggunakan sunscreen. Jika keluar ruangan, ada baiknya menggunakan produk sunscreen dengan SPF minimal 30.

6. Pakai pelembab untuk menghidrasi kulit
Mungkin kamu merasa ribet, mengapa laki-laki perlu memakai sunscreen bahkan pelembap. Awalnya mungkin enggan karena belum terbiasa, tetapi sebaiknya dibiasakan supaya kulitmu tetap terawat serta terhindar dari masalah kulit yang komplek. Terlebih untuk laki-laki yang memiliki kulit kering, ada baiknya selalu memakai pelembab, baik itu sedang ada di rumah, bekerja, maupun bepergian.

Perawatan wajah pria sebenarnya sangat simple, apalagi jika produk yang digunakan untuk merawat wajah terjamin mutunya dan cocok di kulit. Contohnya adalah produk-produk dari Niveamen, yang mengerti sekali kulit masalah kulit wajah pria dan memberi solusi terbaik.

Post a Comment

0 Comments