Fans Page

Tahapan Tumbuh Kembang Anak Yang Orang Tua Harus Pahami

tumbuh kembang anak

Perkembangan dari anak tentu harus dipahami lebih dalam. tumbuh kembang anak setiap usia berbeda-beda. Mungkin, hal seperti ini masih belum dipahami oleh para orang tua. Dengan memahami tahapan dari pertumbuhan, maka dapat membuat anak mendapatkan pertumbuhan yang lebih optimal.

Semua orang tua tentu selalu menginginkan anaknya tumbuh dengan baik. Memperhatikan pertumbuhan dari anak sangat berarti bagi para orang tua. Tentunya, agar membuat anak menjadi lebih baik. Karena, tanpa pendampingan yang baik hanya akan membuat anak kurang tepat dalam perkembangannya. Untuk itu, penting bagi orang tua memahami tahapan tumbuh kembang anak. Simak lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Tahapan Tumbuh Kembang Anak Lengkap

Setiap usia dari anak, memiliki perkembangannya masing-masing. Berikut ulasan lebih jelasnya yang bisa anda pahami.

Usia Kurang 1 tahun
Tanpa anda sadari, pertumbuhan dari usia 0 sampai 1 tahun ini berjalan dengan begitu cepat. Mulai dari pertumbuhan motorik yang sudah berjalan dengan begitu cepat. Seperti hal yang biasa bayi lakukan yaitu menangis dalam kondisi tidak nyaman. Lalu, mulai melakukan komunikasi hanya dengan kontak mata.

Selain itu, gerakan dari bai juga sudah dilakukan seperti menendang secara perlahan. Bahkan, bayi sudah mulai tertarik kepada barang dan ingin meraihnya. Memasuki 6 bulan, bayi sudah mulai bisa duduk dan bisa menirukan perkataan yang memang sering diucapkan oleh orang tua. Kemudian, pada usia 1 tahun sudah bisa merangkak disekitar orang tua. Ataupun, merangkak untuk mengambil barang yang memang tertarik.

Usia 1 tahun
Tumbuh kembang anak 1 tahun sudah berjalan dengan begitu baik. Yaitu untuk potensi dari sistem motorik, berbicara dan kemampuan lainnya mulai terlihat. Pada umur ini, anak juga sudah mulai aktif untuk ketertarikan terhadap apa yang dilihat. Pada usia ini, anak sudah bisa dilatih untuk latihan berjalan.

Kemudian, untuk perkataan pendek juga sudah mulai diucapkan. Tentunya untuk berinteraksi menjadi semakin lebih dekat dan sangat erat. Terutama, kepada orang tua yang memang sering ditemuinya setiap hari. Pada tahapan ini, anak juga sudah menyukai permainan dan bisa didampingi untuk ketertarikannya.

Usia 2 Tahun
Tumbuh kembang anak 2 tahun terlihat dengan begitu mudah. Terutama, anak sudah bisa berjalan dengan sangat baik. Selain itu, untuk berbagai macam perkataan juga sudah bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, berkomunikasi kepada orang tua ataupun teman bermain juga dapat dijalin.Meskipun, memang dalam beberapa perkataan masih ada yang belum dipahami secara mendalam.

Pada usia ini, sebaiknya sebagai orang tua sudah dapat memberikan hal yang mengajak untuk mandiri. Seperti untuk menuju ke kamar mandi, minum dan makan dengan benar. Hal ini agar mengajarkan anak agar tahu kondisi yang memang bisa dilakukan sendiri. Namun, jangan lupa untuk tetap mengajak anak bermain bersama untuk menjalin keharmonisan.

Usia 3 Tahun Keatas
Usia 3 tahun keatas memiliki tahapan yang berjalan dengan cukup cepat. Tentunya, sudah dapat memahami apa yang memang disukai. Terutama, untuk psikologi dari anak juga akan mengalami perubahan. Anak-anak mulai memiliki rasa memiliki yang tinggi. Tidak heran, jika kerap kali bertengkar dengan teman saat sedang bermain.

Sebagai orang tua, hendaknya memahami kondisi yang satu ini. Namun, seiring bertambahnya usia tentu anak akan semakin paham mengenai hal tersebut. Kemudian, kecerdasan, sikap akan mengalami perubahan yang drastis. Peran orang tua tentu sangat diperlukan disini. Tentunya, agar mengarahkan anak dalam menuju kehidupan yang benar.

Begitulah tahapan tumbuh kembang anak yang harus dipahami oleh orang tua. Untuk itu, jika pertumbuhan dirasa masih kurang sesuai maka bisa diberikan yang memang dibutuhkan untuk anak. Dengan begitu, anak akan mendapatkan pertumbuhan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

0 Comments