Fans Page

Deretan Jenis Makanan Yang Dapat Menambah Darah

Deretan makanan penambah darah

Sumsum tulang berperan sebagai penghasil utama sel darah dalam tubuh. Apabila sumsum tulang tidak bisa lagi memproduksi sel darah merah yang cukup untuk menggantikan sel yang mati, maka tubuh kita pun akan kekurangan darah. Hasilnya, kondisi tersebut akan membuat tubuh sering merasa lelah, lesu, dan bahkan diiringi dengan sakit kepala. Ya, masalah ini sering juga disebut dengan nama anemia, dimana seseorang telah kekurangan darah di dalam tubuhnya.

Kondisi anemia ini sering terjadi ketika tubuh tidak mempunyai sel darah merah (hemoglobin) sehat yang cukup. Jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit di dalam tubuh, tentu saja bisa menyebabkan pengantaran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh menjadi terhambat. Pada umumnya, kondisi anemia ditandai dengan beberapa gejalanya seperti mudah lelah, lesu, sakit kepala, kulit tampak pucat, tangan & kaki terasa dingin, hingga sesak napas. Ada beragam faktor yang menjadi penyebab dari kekurangan darah seperti di bawah ini :

1. Kurangnya Asupan Nutrisi Tertentu
Apabila kamu mengkonsumsi makanan yang rendah zat besi, vitamin B12, dan folat secara terus-menerus, maka kamu bisa terkena anemia.

2. Keturunan
Jika ada salah satu anggota keluargamu yang terkena anemia sel sabit, maka bisa dipastikan bahwa kamu juga akan terkena anemia tersebut.

3. Usia
Semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan semakin besar juga peluang resiko terkena anemia. Jenis anemia yang kerap dialami oleh para lansia, yakni berupa anemia yang dikarenakan kekurangan asupan vitamin B12 dan asam folat.

4. Faktor Lainnya
Gangguan usus, efek samping operasi, menstruasi, kehamilan, kondisi kronis, infeksi tertentu, gangguan system kekebalan tubuh, sering konsumsi minuman beralkohol, paparan bahan kimia beracun, penggunaan obat tertentu yang dapat menghambat produksi sel darah merah.

Itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab anemia pada seseorang. Nah, bagi siapa saja yang terkena anemia, berikut di bawah ini ada beberapa jenis makanan penambah darah yang paling ampuh :

1. Buah Jeruk
Berdasarkan dari hasil penelitian, buah jeruk memiliki asam folat yang dapat membantu untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Bukan hanya itu saja, buah yang satu ini juga tinggi akan kandungan vitamin C, sehingga dapat menyerap zat besi kedalam tubuh dengan sempurna.

2. Buah Kismis
Selain buah jeruk, buah kering khas Timur Tengah ini juga cukup efektif dalam menambah darah. Pada 2 / 3 gelas kismis ini mengandung zat besi sebanyak 2 gram, yang tentu saja sangat membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Buah kismis ini dapat dikonsumsi secara langsung, atau dicampurkan dengan beberapa jenis makanan lainnya.

3. Daging Merah
Ini dia salah satu jenis makanan yang sangat diperlukan oleh para penderita anemia. Ya, terang saja demikian, sebab daging merah ini kaya akan kandungan protein hewani dan nutrisi yang dapat mempercepat produksi sel darah merah dalam tubuh. Dalam hal ini, sebaiknya kamu pilih daging sapi yang tidak berlemak.

4. Brokoli
Jenis makanan berikutnya yang ampuh untuk menambah darah dalam tubuh, yakni bernama brokoli. Berdasarkan dari hasil penelitian, brokoli ini kaya akan kandungan nutrisi seperti zat besi, asam folat, kalium, dan mangan. Adapun mengenai jenis makanan lainnya yang dapat kamu konsumsi seperti semangka, anggur, kacang-kacangan, kerang, dan tiram.

Baca Juga : Tips Meracik Makanan Enak Penurun Gula Darah

Itulah deretan jenis makanan paling ampuh untuk menambah darah, yang tentu saja wajib kamu coba.

Post a Comment

0 Comments