Fans Page

Cara Melepas Kasa atau Perban yang Menempel pada Luka

cara melepas kain kasa pada luka

Luka gores atau luka iris yang ditutup menggunakan kasa atau perban terkadang menimbulkan masalah baru yakni menempel pada luka. Jika sudah seperti ini, kita mengalami kebingungan  karena tidak sanggup melepasnya dikarenakan rasa sakit yang perih. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah saat memasang perban atau kasa, gunakanlah obat luka tidak lengket di kasa. Namun jika tidak, anda bisa memperhatikan langkah-langkah di bawah ini untuk melepaskan kasa.

Ganti Kasa atau Perban Maksimal dalam 2 Hari
Perban atau kasa berfungsi untuk melindungi luka dari debu, bakteri atau goresan dari luar. Oleh karena itu idealnya harus diganti maksimal dalam dua hari karena kotor. Kasa atau perban yang menempel pada luka sering terjadi akibat permukaan luka yang mongering atau kurang lembab. Gantilah secara rutin perban atau kasa untuk mempercepat penyembuhan luka.

Rendam dengan Air Hangat
Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk melepaskan perban yang menempel pada luka yakni dengan direndam menggunakan air hangat. Sama halnya dengan plester, perban atau kasa juga bisa dilepas karena air melemahkan daya rekat kasa pada kulit. Anda bisa menggunakan lap yang dibasahi air hangat dan digunakan sebagai kompres untuk melepas kasa.

Basahi dengan Larutan NaCl
Jika dengan air hangat masih belum bisa dilepas, anda juga bisa menggunakan NaCl 0,9 persen atau yang biasa dikenal sebagai cairan infus. Teteskan NaCl tersebut ke area luka yang menempel pada kasa atau perban. Tunggu sampai kasa atau perban basah, lalu lepaskan secara perlahan pada luka yang tertempel.

Gunakan Kasa Tulle
Kasa Tulle merupakan kain kasa yang diresapi antibiotik yang bisa digunakan untuk bermacam-macam luka seperti luka bakar, luka gigit, luka terkoyak (laserasi) atau juga luka jari terpotong pisau. Dengan kasa tulle perawatan luka menjadi lebih mudah karena relatif tidak menimbulkan pertempelan pada luka, dan mudah dilepaskan.

Konsultasikan pada Dokter
Jika anda belum juga dapat melakukannya sendiri, anda bisa mengunjungi rumah sakit atau dokter terdekat. Konsultasikan masalah ini kepada dokter sehingga dokter bisa membantu anda melepaskan kasa atau perban yang menempel dengan hati-hati dan tanpa menimbulkan luka baru.

Baca JugaMitos dan Fakta Penanganan Luka Bakar

Nah, itulah cara melepas kasa atau perban yang benar, sehingga luka anda bisa dengan mudah sembuh.
loading...

Post a comment

0 Comments