Fans Page

Logo di Jersey, Sumber Besar Keuangan Klub Liga Inggris

Logo di Jersey Liga Inggris

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Liga Premier adalah rumah bagi beberapa klub terbesar dan termahal di dunia. Secara otomatis, menjadi markas promosi perusahaan-perusahaan besar dunia, salah satunya adalah peluang menjadi sponsor dimana logo-logo mereka akan melekat pada seragam yang dikenakan oleh tim-tim Inggris. Sudah pasti keadaan ini sangat menguntungkan juga bagi beberapa klub Liga Inggris, karena dari jersey yang mereka pakai ternyata ada tiga sumber uang melimpah yaitu space yang dapat dibeli oleh sponsor.

Yang pertama adalah sumber uang dari perusahaan resmi pemasok jersey klub atau kit supplier. Kita ambil contoh tim raksasa Inggris Manchester United yang telah memutuskan untuk menjalin  kontrak seragam senilai 750 juta pound atau setara Rp 15 triliun dengan aparel raksasa Jerman Adidas untuk durasi 10 tahun. Dilansir halaman berita bola Inggris Telegraph, bahwa Adidas telah menggeser Nike sebagai perusahaan kit supplier setan merah karena penawaran yang terlalu tinggi dirasa tidak rasional lagi bagi Nike.  Tidak hanya MU, Adidas juga sebagai kit supplier untuk Arsenal sedang untuk musim ini, Nike memasok jersey untuk Chelsea dan Tottenham, Puma untuk Manchester City dan New Balance untuk Liverpool.

Kedua, Sponsor utama. Ini adalah nama perusahaan yang muncul di bagian tengah dada pemain. Sponsor seperti Chevrolet untuk Manchester United, Etihad Airways untuk Manchester City dan Standard Chartered untuk Liverpool. Manchester City dengan logo perusahaan penerbangan Uni Emirat Arab Etihad Airways mendapat dana 45 juta pound atau setara 827 miliar rupiah diatasnya ada Manchester United yang mengikat kerjasama dengan perusahaan otomotif Chevrolet dengan angka 65 juta pound.

Ketiga Sponsor pada lengan. Pada 2017, Liga Premier mengikuti jejak Liga Eropa lainnya seperti La Liga Spanyol mulai mengizinkan tim untuk menjual hak atas lengan baju kiri mereka. Seperti Western Union pada lengan Liverpool, Hyundai untuk Chelsea dan Kohler untuk Manchester United. Musim ini perusahaan bidang servis finansial Western Union bersepakat dengan Liverpool untuk sponsor lengan dengan harga 25 juta pound atau sekitar 460 miliar rupiah.

Berikut adalah list klub Inggris dengan kontrak sponsor (utama) tertinggi
1. Manchester United - £64 million (Chevrolet)
2. Manchester City - £45 million (Etihad)
3. Arsenal - £40 million (Fly Emirates)
4. Chelsea - £40 million (Yokohama)
5. Liverpool - £40 million (Standard Chartered)

Fakta di musim ini 2019-2020, ternyata setengah dari jersey Liga Premer dihiasi oleh logo-logo perusahaan j*di. Dikutip dari halaman berita bola theguardian.com, meskipun perusahaan j*di sejauh ini merupakan yang paling banyak, tetapi mereka bukan yang paling menguntungkan bagi klub-klub Inggris.
loading...

Post a comment

0 Comments