Fans Page

Penting mengetahui Estimasi Harga Cat Tembok Sebelum Renovasi

Cat Tembok Rumah

Bukan hanya membangun rumah, merenovasi sebuah hunian juga memerlukan perencanaan yang cukup matang, termasuk memperbarui cat dinding yang mulai kusam dan mengelupas. Proses pengecatan ulang tembok rumah ini perlu memperhitungkan pembiayaan sehingga Anda dapat melakukannya sesuai budget yang telah ditentukan dan proses pengecatan berlangsung lancar, serta kualitas dan hasil pewarnaan tembok tetap terkontrol. Untuk itu, Anda perlu mengetahui estimasi harga cat tembok untuk mengkalkulasi semua pengeluaran Anda saat mengecat ulang tembok rumah. Beberapa tips berikut dapat membantu Anda untuk mengetahui estimasi biaya cat tembok sebelum melakukan renovasi.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menghitung Estimasi Harga Cat Tembok Saat Renovasi

Mengetahui Estimasi Harga Cat Tembok Sebelum Renovasi

1. Menghitung luas area pengecatan
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung luas area dinding yang hendak direnovasi sebelum memperkirakan harga cat tembok. Hal ini berpengaruh pada jumlah cat yang dibutuhkan sehingga pada prakteknya, Anda bisa memperkirakan berapa kaleng cat yang harus dibeli. Untuk pengecatan di dalam ruangan, kebutuhan cat ideal dapat diketahui dengan membagi luas dinding dengan luas 1 liter cat, dengan catatan bahwa standar pemakaian cat adalah 10-12 m2 untuk 1 liter, tiap pelapisan.

Perhitungan ini tentu akan berbeda jika Anda hendak mengecat dinding pada rumah bagian luar. Selain memperhatikan luas dinding, Anda juga perlu mempertimbangkan area plafon serta daya sebar cat yang tertera pada kemasan. Anda dapat memanfaatkan fasilitas kalkulator pada website Asian Paints untuk perencanaan yang lebih praktis dan mudah.

2. Memperkirakan harga cat
Setelah mengetahui luas daerah yang hendak dicat, hal berikutnya yang mempengaruhi perencanaan pengecatan dinding adalah pemilihan cat itu sendiri. Anda perlu memilih cat dinding yang sesuai dengan budget namun tetap berkualitas. Pemilihan ini juga perlu mempertimbangkan kombinasi warna yang hendak Anda tampilkan. Pilihan warna dapat menyesuaikan dengan desain ruangan serta furnitur yang telah Anda miliki. Untuk lebih memudahkan, sebaiknya pilih furnitur berwarna netral.

Cat yang berkualitas biasanya tidak mengandung timah hitam, timbal, dan merkuri yang membahayakan kesehatan. Selain itu, cat dinding hendaknya tidak mengandung lem putih sehingga cat mudah terkelupas saat terkena hujan. Memilih cat dinding berkualitas akan mempengaruhi renovasi jangka panjang, karena dengan menggunakan cat dinding berkualitas, warna tembok akan bertahan minimal 5 tahun.

Harga cat tembok luar ruangan biasanya lebih mahal daripada cat tembok interior karena cat mengandung bahan-bahan yang dapat tahan cuaca. Hal ini tentu saja berpengaruh pada estimasi harga cat dinding.

3. Survey biaya mengecat
Harga cat tembok juga dipengaruhi oleh biaya pengecatan. Anda perlu mengkalkulasi lama pengerjaan disesuaikan dengan luas area pengecatan. Untuk hasil yang lebih memuaskan, direkomendasikan untuk menggunakan jasa profesional. Walaupun biaya sedikit lebih mahal, namun Anda dapat menghemat waktu pengerjaan dengan hasil yang maksimal.

4. Biaya alat dan bahan
Selain cat, pembelian alat dan bahan dalam proses pengecatan perlu Anda perhitungkan. Alat-alat yang dibutuhkan antara lain rol cat, kuas, tray, cetok, spakling, dan lain-lain. Sedangkan bahan pendukung lain seperti kertas koran, selotip, amplas, pasir dan semen juga perlu disediakan.

5. Antisipasi dinding bermasalah
Beberapa permasalahan pada dinding yang perlu Anda selesaikan sebelum pengecatan antara lain lubang bekas paku, sudut dinding yang aus, serta masalah berat seperti kebocoran saluran air sehingga menyebabkan dinding lembab akibat rembesan air. Jika dibiarkan, cat dinding akan lebih cepat mengelupas sehingga pengecatan akan menjadi sia-sia. Hal-hal tersebut tentu saja akan menambah pembiayaan diluar harga cat tembok yang Anda butuhkan.

Nah, itulah cara terbaik mengetahui estimasi harga cat tembok untuk keperluan renovasi rumah anda. Memilih cat yang tepat sesuai dengan budget anda, tentu akan berguna bagi kebutuhan akan renovasi rumah anda tersebut.
loading...

Post a comment

0 Comments