Fans Page

Mitos dan Fakta Penanganan Luka Bakar

Mitos dan Fakta Penanganan Luka Bakar

Masyarakat kita mempunyai banyak mitos yang dipercayai. Dari legenda asal-usul sebuah tempat, khasiat gaib benda tertentu, hingga mitos pengobatan. Untuk luka bakar pun cukup banyak mitos pengobatannya yang beredar di masyarakat.

Mengoleskan Mentega
Kenyataannya mentega justru bisa memperburuk luka bakar. Panas bisa menyebar ke area kulit yang tidak terluka sebelumnya.

Mengoleskan Kecap
Ini mitos yang tidak jelas, entah apa yang ditemukan oleh pencetus mitos pada kandungan kecap yang bisa menyembuhkan luka bakar.

Mengoleskan Minyak Kelapa/Sayur
Minyak justru menahan panas sehingga kulit akan semakin terbakar.

Mengompres Luka Dengan Es Batu
Luka bakar yang panas jika dikompres es batu justru akan terjadi perubahan suhu yang drastis dan itu tidak bagus bagi luka.

Gelembung Luka Dipecah
Dengan memecah gelembung luka dipercaya akan mempercepat proses penyembuhan. Padahal justru bisa menyebabkan masalah baru yaitu infeksi.

Luka Dibersihkan Menggunakan Alkohol
Alasannya mungkin biar luka steril ya. Tapi penderita akan merasakan sakit yang bertambah-tambah jika lukanya tersentuh cairan alkohol.

Mengoleskan Pasta Gigi
Sepertinya ini mitos yang paling populer di masyarakat. Pasta gigi padahal bisa mengandung pewarna kimia yang justru dapat menimbulkan infeksi pada luka. Sifatnya yang lengket juga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Pasta gigi yang mengandung bahan-bahan pembersih dan pemutih gigi, jika diterapkan untuk luka bakar justru efeknya adalah infeksi.

Penanganan Luka Bakar yang Benar
Luka bakar terbagi menjadi derajat 1, derajat 2, dan derajat 3 tergantung tingkat keparahannya. Derajat 1 adalah yang paling memungkinkan untuk kamu tangani sendiri di rumah.

Caranya alirkan air biasa yang bersih terus-menerus pada luka selama beberapa menit. Ini berfungsi untuk meredakan panas dan rasa nyeri. Jika sudah maka keringkan luka dengan cara tepuk perlahan luka menggunakan kain lembut yang bersih.

Langkah selanjutnya adalah memberi obat pada luka. Kamu bisa menggunakan Hemolok yang selain digunakan untuk mengobati luka bakar, juga sering dipakai mengobati luka setelah operasi.
Hemolok dengan harga terjangkau bisa kamu dapatkan di www.goapotik.com. Jika lebih suka order lewat aplikasi, Goapotik juga mempunyai aplikasi yang bisa kamu download di playstore.

Terakhir perlu diingat, jika luka bakar parah atau ringan namun daerah yang terluka luas. Maka wajib untuk segera mendapatkan penanganan medis yang profesional.
loading...

Post a comment

0 Comments