Fans Page

Cek Resiko Tertular Covid-19 Bisa Dilakukan Secara Online

Cek Resiko Tertular Covid-19 Bisa Dilakukan Secara Online

Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak dari penyebaran virus corona (Covid-19). Data terbaru hari ini, Rabu 29/4 data positif virus corona di Indonesia telah mencapai 9.511 dengan 773 meninggal dan 1.254 yang berhasil sembuh. Dari data tersebut, kita bisa menilai bahwa virus ini tidak bisa dianggap remeh, dan perlu penanganan yang serius dari semua pihak.

Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona terbaru, SARS-CoV-2, pertama kali dilaporkan berasal dari Wuhan, China pada akhir 2019 kemarin. Kini virus ini telah menyebar ke berbagai negara, termasuk di Indonesia. Dua WNI yang positif Covid-19 jadi kasus korban pertama virus corona di Indonesia terjadi pada awal Maret pertama yang berasal dari kota Depok.

Kasusnya sangat disayangkan jika dilihat dari kesigapan pemerintah yang bisa dikatakan lamban dalam mengantisipasinya. Sebab, 2 korban ibu dan anak tersebut tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok. Namun, warga Jepang itu justru baru terdeteksi positif corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Itu artinya pemerintah Indonesia telah kecolongan dalam melakukan tes virus corona ini.

Namun kabar baiknya, pemerintah telah melakukan pemeriksaan Covid-19 secara massal. Pemeriksaan dengan Rapid Tes adalah salah satu upaya pemerintah untuk mengetahui masyarakat apakah tertular oleh virus ini atau tidak. Selain social distancing yang telah dilakukan, pemeriksaan oleh beberapa orang yang beresiko tertular sangatlah perlu untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona ini.

Dikutip dari halaman situs kesehatan halodoc, Rapid Test virus corona merupakan pemeriksaan imunoglobulin sebagai skrining awal. Uji virus corona menggunakan spesimen darah, tidak menggunakan apusan tenggorokan atau apusan kerongkongan. Selain itu, rapid test tak perlu dilakukan di Lab Biosafety Level 2. Dengan kata lain, rapid test ini bisa dilakukan hampir di semua Lab kesehatan yang ada di RS di Indonesia.

Jika kamu khawatir tertular dari virus corona ini, maka yang perlu dilakukan adalah sebisa mungkin untuk menjaga jarak dengan orang lain, dan tidak melakukan aktivitas luar rumah yang berlebihan. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah saran yang dianjurkan oleh pakar kesehatan agar diri kita kebal akan tertular virus ini. Namun, jika kamu bertanya apakah telah tertular atau tidak oleh virus corona ini, dan takut untuk keluar rumah, sebaiknya kamu melakukan isolasi mandiri dengan berdiam diri dirumah selama 14 hari. Cara lain yang bisa dilakukan adalah melakukan tes online untuk pemeriksaan virus corona ini secara gratis.

Ya, gratis dengan cara meminta bantuan dokter di halodoc untuk membantu mengevaluasi kesehatan dirimu. Kamu juga bisa meminta saran dokter mengenai cara merawat diri atau anggota keluarga di rumah yang diduga mengidap virus corona. Tes online ini berisi dari beberapa pertanyaan mengenai gejala atau risiko penularan COVID-19.

Rapid Test Covid-19 di Halodoc

Silahkan kunjungi halaman rapid test covid-19 halodoc disini. Lalu, jawab setiap pertanyaan yang telah disediakan mengenai gejala tentang virus corona ini. Berdasarkan jawaban pertanyaan yang telah kamu pilih, akan muncul hasil test tersebut. Sangat mudah kan?

Halodoc merupakan situs kesehatan online yang menyediakan konsultasi tanya jawab tentang berbagai kesehatan secara gratis. Informasi tentang obat-obatan, rumah sakit dan informasi kesehatan lainnya bisa anda dapatkan disini. Banyak orang yang telah konsultasi dengan tanya jawab dengan para dokter ahli kesehatan di halodoc ini. Begitu juga dengan informasi terkait virus covid-19 yang bisa anda dapatkan infonya di halodoc ini.

loading...

Post a comment

0 Comments