Fans Page

Tips Menulis Artikel SEO Yang Benar



Artikel ini membahas cara menulis artikel SEO yang benar dari pengalaman penulis dalam mengoptimasi website pribadi maupun web perusahaan yang memiliki jasa SEO Medan dengan dibantu oleh beberapa Pakar SEO Medan ternama, yang tentunya sudah berpengalaman.


Menulis artikel dengan SEO sangat dibutuhkan untuk sebuah website. Karena dengan SEO ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaatnya. SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu teknik yang digunakan untuk mempermudah mesin pencari seperti Google dalam menemukan website menggunakan kata kunci yang relevan.

Saat sekarang ini, pengguna internet kebanyakan hanya melihat halaman pertama mesin pencarian saja, tanpa mau menghabiskan waktu untuk melihat halaman kedua dan selanjutnya. Itu berarti, website yang mampu menempati posisi pertama atau halaman pertama search engine, maka kesempatan untuk di klik atau dikunjungi akan semakin besar.

Apalagi pengguna internet sekarang ini 95 % lebih memanfaatkan search engine untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Maka website yang anda miliki haruslah dioptimasi dengan teknik SEO yang benar, yang salah satunya adalah menggunakan teknik penulisan artikel SEO yang benar dan tepat.


Cara Menulis Artkel SEO

Mengelola SEO di sebuah website bisa lebih mudah dengan plugin, namun itu saja tidak cukup. Anda harus memahami bagaimana cara menulis artikel SEO yang benar agar bisa tampil di halaman utama mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya.

Anda diwajibkan memiliki artikel yang ramah SEO dikarenakan Google akan lebih mudah mengenalinya dan website Anda akan berada di halaman utama. Karena itulah yang menandakan website Anda bagus, yakni masuk ke halaman utama search engine atau mesin pencarian.

Dengan begitu, para pengunjung pun semakin banyak yang datang ke website Anda dan semakin banyak pula yang baca artikel Anda. 

Di sini kami akan memberikan cara menulis artikel yang baik menurut Google, karena Google memiliki standar tersendiri mengenai artikel yang mereka tempatkan di halaman utama pencarian (search engine).
  1. Gunakan Keyword yang akan dicari oleh audiens Anda
    Langkah utama yang harus Anda perhatikan ketika menulis artikel adalah keyword yang akan Anda gunakan. Karena ini sangat berpengaruh untuk hasil pencarian Google. Anda harus tahu siapa target Anda dan kemungkinan apa yang akan mereka cari atau ketik di pencarian Google.
    Misalnya target Anda adalah para penggemar bola, maka Anda bisa memakai keyword seperti, “berita bola”, “prediksi bola”, “jadwal live streaming”, dan lain sebagainya.

  2. Artikel yang Anda buat harus menjawab apa yang dicari pembaca
    Google bisa mengetahui apakah pembaca puas atau tidak dari sebuah artikel dari lama atau tidaknya mereka membaca artikel tersebut. Semakin lama waktu mereka membaca tentunya pasti artikel tersebut memberikan jawaban yang mereka cari. Ini juga akan mengurangi nilai bounce rate dari website yang anda miliki. (Pembahasan bounce rate akan saya ulas di artikel selanjutnya).

    Misalnya, anda menulis artikel yang berisi “Pemenang Ballon d’Or 2020”, maka Anda bisa memberi jawaban tersebut di akhir artikel dengan memberikan beberapa info-info menarik sebelumnya.

  3. Artikel harus layak dibaca
    Pastikan ketika Anda menulis artikel agar hasilnya mudah dibaca dan tidak ada kata-kata yang salah tulis (typo).

  4. Artikel Diisi dengan Link Internal dan Eksternal
    Link Internal dan External sangat diperlukan di sebuah artikel agar para pembaca dapat penjelasan lebih lanjut mengenai topik artikel tersebut. Di mana link internal merupakan link yang diarahkan ke website itu sendiri, dan eksternal diarahkan ke website lain. Dan usahakan link yang diarahkan masih sesuai dengan topic artikel yang dibahas.

  5. Perhatikan Elemen Penting dari website
    Ini juga sangat penting dalam sebuah artikel di website. Elemen-elemen penting yang dimaksud adalah seperti URL, judul, deskripsi dan heading, sub heading dan sebagainya. Usahakan url dan judul sama, sehingga akan menambah nilai SEO dari artikel anda tersebut.

  6. Optimasi Gambar
    Gambar merupakan poin penting dari sebuah artikel agar lebih menarik untuk para pembaca dan tidak membuat pembaca bosan. Dalam memasukkan gambar, anda harus memperhatikan title, alt text, caption dan description. Usahakan semuanya harus mengandung kata kunci yang anda targetkan dalam artikel.

    Selain itu, ukuran gambar juga perlu diperhatikan. Lebih baik mengecilkan ukurannya agar halaman website yang akan dibuka tidak terlalu lama, namun masih menjaga kualitas gambar yang tidak kabur.

  7. Isi keyword yang relevan
    Silahkan isi keyword yang relevan dengan pembahasan topic artikel yang anda buat. Jangan juga terlalu berlebihan dalam mengisi keyword didalam artikel. Untuk penggunaan plugin SEO seperti Yoast, All in One SEO dan sebagainya, silahkan isi keyword, serta description dan title harus mengandung kata kunci.

  8. Menerbitkan artikel secara rutin
    Yang terakhir adalah menulis artikel secara rutin aga para pembaca terus datang ke website Anda setiap harinya.
Itulah dia beberapa tips menulis artikel SEO yang benar agar mampu bersaing di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan sebagainya. Namun jika anda adalah seorang pemula yang baru berkecimpung di dunia SEO, anda bisa belajar dari Pakar SEO ternama di kota anda.

Selain itu, jika Anda tidak ingin pusing dengan semua teknik SEO itu, Anda bisa memakai Jasa SEO yang berpengalaman. Seperti Jasa SEO Medan kami ini, yakni Permata Digital. Perusahaan kami merupakan solusi untuk memasarkan produk dan jasa anda agar mampu bersaing dengan perusahaan kompetitor yang sejenis. 

Permata Digital memiliki banyak layanan jasa, salah satunya adalah jasa SEO yang dikerjakan oleh para Pakar SEO Indonesia ternama yang sudah berpengalaman. Segera hubungi kami di nomor +62 812-6963-7975 atau silahkan kirim pesan melalui email info@permatadigital.com agar kami bisa memberikan penawaran terbaik untuk Anda.
loading...

Post a comment

0 Comments