Fans Page

Apa Itu NPWP? Ketahui Pengertian dan Kegunaannya

NPWP merupakan istilah yang secara umum sudah tidak asing lagi didengar. Pastinya, Anda sendiri juga pernah mendengar istilah tersebut. Sebagai warga negara yang baik tentu Anda harus taat membayar pajak karena hal itu adalah kewajiban warga Indonesia yang harus dibayarkan. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah tersebut, sebaiknya simak ulasan lebih lengkapnya pada paragraf berikut ini. 

Pengertian NPWP

NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan oleh Ditjen Pajak, sebagai tanda pengenal atau identitas. Dimana nomor pajak ini menjadi identitas wajib pajak yang sangat diperlukan dalam mengurus administrasi perpajakan, bahkan memiliki fungsi hampir sama dengan KTP. 

Selain itu NPWP terdiri dari 15 digit angka sebagai kode unik dapat menjamin data perpajakan Anda tidak akan tertukar. Terdiri dari 9 digit pertama yang merupakan kode unik dari identitas wajib pajak. Kemudian 3 digit kode unik dari Kantor Pelayanan Pajak, apabila Anda terdaftar sebagai wajib pajak baru. Maka kode unik yang digunakan merupakan tempat wajib pajak Anda dalam melakukan pendaftaran. Sedangkan 3 digit terakhir merupakan status wajib pajak Anda. 

Menurut jenisnya dibedakan menjadi dua bagian yaitu pribadi dan badan. Pertama, pribadi diberikan kepada setiap orang yang memiliki penghasilan di Indonesia. Kedua, diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang mempunyai penghasilan di Indonesia.

Kegunaan NPWP

Setelah mengetahui pengertiannya pastinya Anda juga penasaran dengan kegunaannya nomor pajak tersebut. Nah agar Anda tidak penasaran berikut ini merupakan beberapa kegunaannya yang wajib Anda ketahui. 

Mengajukan dan Pembuatan SIUP

Pertama, sebagai syarat yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan pembuatan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan kepada pengusaha. Apalagi SIUP wajib dimiliki oleh para pengusaha agar keberadaan bisnisnya mendapatkan pengesahan dari negara. 

Mengajukan Kredit ke Bank

Kedua, jika Anda ingin mengajukan kredit ke Bank maka syarat utama yang harus terpenuhi adalah memiliki nomor pokok wajib pajak. Digunakan sebagai jaminan oleh pihak bank untuk mencairkan sejumlah dana.

Mendapatkan Keringanan Tarif Pajak

Ketiga, nomor pokok wajib pajak bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keringanan tarif pajak. Biasanya tarif pajak yang dikenakan menjadi dua kali lipat dari pada pada pemilik nomor wajib pajak.

Melamar Pekerjaan

Selanjutnya merupakan kegunaan nomor pokok wajib pajak yang terakhir adalah digunakan untuk melamar pekerjaan. Hal ini disebabkan sebagian besar perusahaan mewajibkan para calon karyawannya untuk memiliki nomor pokok wajib pajak terlebih dahulu. Dimana nantinya tarif pajak perusahaan akan normal bagi para karyawannya yang memiliki nomor pokok wajib pajak.

Itulah merupakan ulasan mengenai pengertian dan kegunaan nomor pokok wajib pajak. Untuk mempermudah Anda dalam membayar pajak dan mengatur keuangan perusahaan sebaiknya gunakan pencatatan hutang piutang online. Dengan menginstal aplikasi digital BukuKas pencatatan hutang piutang perusahaan Anda jauh lebih mudah. Yuk kunjungi Play Store Anda sekarang juga!

loading...

Post a comment

0 Comments