Fans Page

Pentingnya Asuransi Kesehatan Ditengah Wabah Covid-19


Coronavirus merupakan keluarga virus yang menyebabkan penyakit pada manusia yang bisa menular. Adalah Covid-19 yang merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona jenis baru yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China pada 2019. Oleh WHO penyakit ini diberi nama Covid19 yang sampai saat sekarang ini masih menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Mungkin sebagian banyak orang masih bingung mengenai virus corona ini. Ada yang menyebutkannya Covid19 atau virus corona. Apa itu corona dan bagaimana penyebarannya, serta pentingnya perlindungan diri dari virus ini yang akan kita ulas secara rinci dibawah ini.

Apa Itu Corona?

Corona adalah sebuah virus yang menyebabkan sebuah penyakit, yang sudah ada sejak zaman dahulu. Selama puluhan tahun ini tidak ada seorang ilmuwan yang berusaha membuat vaksin atau pencegahan terhadap virus ini karena pada prinsipnya semua infeksi virus dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting disease).

Sedangkan Covid19 adalah Virus SARS-corona 2 yang mengakibatkan penginfeksian saluran napas atas dan bawah, serta dapat mengakibatkan gagal napas berat yang terjadi dengan cepat, diikuti gagal banyak organ tubuh dan berakibat kematian. Penyakit yang disebabkan dari virus corona ini, lantas dinamakan Virus SARS-corona 2 yang mengakibatkan COVID-19 (corona virus disease 2019), dan secara resmi disebut sebagai Covid19 oleh WHO.

Penyebaran Covid19

Pertama kali Covid19 ditemukan di Wuhan pada akhir 2019 kemarin, dan kini sudah menyebar ke hampir semua negara. Penyebarannya yang cepat, menjadikan virus ini digolongkan penyakit yang berbahaya, bahkan menjadi pandemi yang tidak hanya berdampak pada kesehatan manusia saja, namun juga bagi perekonomian sebuah negara.

Banyak negara yang mengalami resesi ditengah pandemi covid19 ini, sehingga perekonomian negara tersebut mengalami penurunan di tiap kwartalnya. Atas situasi tersebut juga banyak negara yang memberlakukan lockdown atau pembatasan bepergian keluar rumah untuk menghindari penyebaran virus corona ini ke banyak orang.

Hingga tulisan ini dimuat, sudah lebih dari 108 ribu orang dikonfirmasi telah positif terinfeksi virus corona di Indonesia. 5.131 orang telah meninggal dunia, dan 65.907 dinyatakan sembuh. Jika dilihat dari jumlah tersebut, maka jelas bahwa penyebaran virus ini sangatlah tinggi. 

Siapa saja bisa beresiko terinfeksi covid19, dimana orang yang tinggal atau bepergian di daerah di mana virus COVID-19 bersirkulasi sangat mungkin berisiko terinfeksi. Mereka yang terinfeksi adalah orang-orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala, melakukan perjalanan dari negara terjangkit, atau yang kontak erat, seperti anggota keluarga, rekan kerja atau tenaga medis yang merawat pasien sebelum mereka tahu pasien tersebut terinfeksi COVID-19.

Bagaimana Mencegah Covid19?

Untuk saat ini belum ditemukan obat atau vaksin dari virus corona ini, namun ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, diantaranya adalah :
  • Menjaga kesehatan dan kebugaran agar tubuh tetap stamina, sehingga meningkatkan imun atau daya tahan tubuh.
  • Harus rajin mencuci tangan secara teratur menggunakan air dan sabun.
  • Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan).
  • Hindari kontak dengan orang lain atau tunda bepergian anda ke tempat umum, kecuali memang sangat mendesak.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut saat anda bepergian ke tempat umum.
  • Gunakan masker penutup mulut dan hidung ketika Anda sakit atau saat berada di tempat umum.
  • Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat.
  • Lindungi diri anda dari virus corona ini melalui asuransi kesehatan.


Pentingnya Asuransi Kesehatan Dari Virus Corona

Selain cara pencegahan covid19 diatas, kita juga perlu melindungi diri kita dengan sebuah asuransi kesehatan. Adanya asuransi kesehatan juga akan memberikan proteksi diri dari penyakit-penyakit lainnya yang bisa memberikan rasa tenang bagi anda dan keluarga dirumah.

Adalah PRUTotal Critical Protection (PRUTop) dari asuransi Prudential yang bisa memberikan pelayanan dibidang kesehatan untuk meminimalisir pengeluaran anda jika beresiko tertular virus corona atau mengidap penyakit lainnya. Dengan menggunakan asuransi kesehatan ini, maka ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya adalah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, memberikan rasa tenang dan membantu pengeluaran uang untuk biaya-biaya pengobatan jika anda mengidap suatu penyakit, termasuk penyakit virus corona tersebut.
loading...

Post a comment

0 Comments