Fans Page

Advertising Online vs Advertising Offline, Mana yang Lebih Baik?


Membahas mengenai advertising online vs advertising offline memang sangat penting bagi pemilik usaha. Sebab advertising menjadi hal penting dan kadangkala perlu memilih antara advertising online atau offline. Jika berada di kondisi ini maka penting untuk membandingkan keduanya dan kemudian mencari yang dirasa paling sesuai. 

Advertising Online Vs Advertising Offline

Advertising adalah kegiatan promosi yang bertujuan memperkenalkan produk maupun nama usaha kepada publik atau masyarakat luas. Kegiatan ini akan mendatangkan lebih banyak pelanggan dan meningkatkan pemasukan. Usaha yang dijalankan tentunya bisa bertahan setelah pemasukan didapatkan secara rutin dan dalam jumlah yang cukup atau bahkan lebih. 

Sebagai bahan pertimbangan berikut adalah beberapa perbandingan antara advertising online vs advertising offline: 

1. Cakupan Wilayah Iklan 

Cakupan wilayah antara advertising online dengan offline tentunya berbeda jauh. Advertising online tidak mengenal batas wilayah, siapa saja dan dimana saja bisa dijangkau. Sehingga cakupan wilayahnya jauh lebih luas dibandingkan dengan advertising offline. 

Advertising offline menyasar pasar lokal, yakni di satu kota yang lokasinya sama dengan lokasi tempat usaha. Jika ingin memperluas pasar lokal maka advertising offline adalah pilihan terbaik untuk dipilih. Sebab melakukan advertising online cenderung membuang biaya dan tenaga lebih, sehingga bisa dikesampingkan. 

2. Kemudahan Akses Iklan 

Akses iklan atau konten iklan dalam advertising online vs advertising offline ternyata lebih unggul advertising offline. Dikatakan demikian karena konsumen tidak perlu usaha ekstra untuk mengakses konten iklan. 

Mereka cukup melakukan aktivitas seperti biasa, dan jika melintas di lokasi pemasangan iklan maka mereka akan membaca kontennya. Sementara advertising online perlu dukungan perangkat yang sesuai dan kuota internet yang cukup. 

3. Biaya yang Dikeluarkan 

Bagaimana dengan biaya? Pada dasarnya antara advertising online dan offline tidak berbeda terlalu jauh. Hanya saja jika ingin menekan biaya di awal bisa memilih advertising online. Namun jika ingin biaya lebih terkontrol maka advertising offline adalah yang terbaik. Sebab biaya yang dikeluarkan akan dibayarkan di awal, tidak ada resiko kebobolan seperti pada advertising online. 

4. Variasi Konten Iklan dan Media 

Jika diperhatikan dari segi variasi konten dan pilihan media, advertising online vs advertising offline punya banyak pilihan. Konten advertising online bisa dalam bentuk teks, video, gambar, dan lain sebagainya. Medianya bisa memakai website, marketplace, media sosial, dan lain-lain. 

Sementara pada advertising offline juga demikian, bisa berupa teks, video, maupun gambar. Medianya pun sama beragamnya seperti baliho, spanduk, billboard, kartu nama, brosur, dan lain-lain. 

5. Tingkat Kepercayaan atau Kredibilitas 

Sedangkan jika dilihat dari tingkat kepercayaan atau kredibilitas, advertising offline adalah yang terbaik. Sebab usaha yang berkedok penipuan tidak akan berani memasang iklan offline seperti iklan di koran, baliho, billboard, dan sejenisnya. Berbeda dengan advertising online yang mudah dan minim pengawasan. 

Mana yang Lebih Baik? 

Dari penjelasan tersebut, mana yang lebih baik? Jawabannya tentu saja bersifat subjektif, pelaku usaha bisa menganggap advertising online lebih baik sementara pelaku usaha lain berpikir sebaliknya. Jika bingung, sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi. Jika produk yang disediakan tidak mungkin dikirimkan keluar kota maka advertising offline adalah yang utama. Begitu juga sebaliknya.  

Penjelasan tentang advertising online vs advertising offline tersebut bisa membantu menentukan mana yang tepat untuk dipilih. Apabila mengutamakan advertising offline maka bisa menggunakan layanan dari Creo Graha Kreasindo. Menyediakan layanan advertising offline profesional yang dikelola oleh ahlinya sehingga punya efektivitas yang maksimal. Info mengenai layanan jasa advertising Medan silahkan kunjungi perusahaan terdekat di kota anda.

loading...

Post a Comment

0 Comments