Fans Page

Ternyata Mudah, Begini Langkah Pasang Set Top Box TV Digital

Cara pasang set box digital yang benar

Ingin beralih ke siaran TV digital yang mampu menjangkau lebih banyak stasiun televisi? Nah, Anda memerlukan Set Top Box. Ternyata, langkah memasang set top box TV digital itu sangat mudah, praktis dan bisa dilakukan dalam waktu yang cepat.

Memasang set top box sendiri memberikan keuntungan, yaitu untuk mengonversi sinyal digital ke dalam bentuk suara dan gambar agar dapat ditampilkan di TV analog biasa. Harga set top box sendiri juga tidak mahal, sekitar Rp 100 ribuan saja.

Langkah Pasang Set Top Box TV Digital

Lantas, bagaimana langkah pasang set top box TV digital? Ternyata, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Terkadang, di bagian buku petunjuk pun sudah tertulis dengan jelas cara pemasangan Set Top Box. Sebagai pemula Anda bisa ikuti langkah yang ada pada buku tersebut.

Namun, apabila Anda tidak paham meski sudah membacanya, bisa Ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Beli dulu STB (Set Top Box) yang sudah bersertifikasi Kominfo

Masyarakat sendiri sudah diingatkan oleh Kominfo sejak lama agar membeli STB dengan sertifikasi.

STB resmi sendiri sudah terjamin dapat digunakan, serta seluruh fitur di dalam siaran TV digital dapat dipakai. Tandanya bisa dilihat dari kemasan perangkat Set Top Box, dengan tulisan “Siap Digital”.

Anda bisa mengecek daftar Set Top Box resmi sertifikasi Kominfo. Diantara yang termasuk adalah merek Akari, Evercoss, Evinix, Free Box, Ichiko, Matrix, Maxtron, Polytron, Tanaka, Venus dan Visio.

2. Buka kemasan STB dan Cek Isi di Dalamnya

Kemudian, setelah Anda membeli STB, pastikan perlengkapan yang ada di dalamnya sudah lengkap. Biasanya, isi dari STB adalah adaptor, remote, kabel RCA, buku panduan dan kartu garansi.

Bila tidak lengkap, Anda bisa menghubungi kembali penjual dan meminta agar dikirimkan kekurangannya.

3. Pindahkan Kabel TV

Segera pindahkan kabel antena yang terpasang di TV dengan perangkat STB. Kemudian, segera pasang juga kabel RCA yang ada di TV yang terhubung dengan STB.

Perhatikan dengan seksama panel dan port pada bagian belakang STB. Kemudian, beralihlah ke pesawat TV dan perhatikan panel pada bagian belakang TV.

Pasang kabel dan hubungkan STB ke Televisi dengan kabel AV atau kabel HDMI.

4. Kemudian Nyalakan STB dan TV

Setelah semua perangkat terhubung, tekan tombol on STB dan nyalakan perangkat TV. Kemudian, operasikan remote yang terhubung perangkat STB.

Nantinya ada pilihan berbagai mode setting, klik setting dan pilih HDMI. Bisa juga pilih menu AV jika tidak ada pilihan HDMI.

5. Pilih Saluran Pencarian Otomatis

Langkah selanjutnya adalah memilih saluran pencarian yang secara otomatis mendeteksi siaran TV digital. Bersabarlah hingga proses pencarian saluran selesai.

Hasil dari pemindaian tersebut akan terlihat di layar, list siaran radio juga ditunjukkan di sebelah kanan. Sementara itu, list siaran televisi akan terlihat di bagian kiri.

6. Nikmati Berbagai Saluran Digital

Saluran TV digital ditemukan, Anda tinggal nikmati mana yang Anda sukai. Bagi Anda orang tua, usahakan untuk tetap bertanggung jawab terhadap saluran televisi yang Anda pilih.

Bila Anda menonton bersama anak-anak, awasi dan jangan meninggalkan si kecil jauh dari pengawasan orang tua.

Kelebihan TV Digital Dibandingkan TV Analog

Pemerintah mulai melakukan migrasi tahap awal TV analog ke digital mulai tanggal 17 Agustus 2021. Rencananya, migrasi keseluruhan ini akan dilakukan pada November 2022.

Seiring dengan adanya peraturan pemerintah ini, mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, kenapa TV digital begitu digalakkan oleh pemerintah, apa kelebihannya?

Secara garis besar, TV Digital dinilai lebih hemat dikarenakan Anda tidak perlu berlangganan. Selain itu, kualitas gambar dan suaranya pun lebih bagus dan anti bintik-bintik.

Bisa disimpulkan, selama ada sinyal, maka setiap orang bisa menerima siaran TV dimanapun Anda berbeda. Hal ini jelas berbeda dengan TV analog, dimana semakin jauh pemancar semakin jelek siaran TV-nya. 

Beli Set Top Box dan Antena Tv Digital di Shopee

Tak perlu bingung mencari kemana, Shopee menyediakan banyak sekali perlengkapan terbaik untuk keperluan siaran televisi Anda.

Mulai dari Set Top Box, Antena TV Digital hingga berbagai peralatan lainnya ada di toko oren!

Tersedia berbagai merk mulai dari Goldsat Revo, Luby, Tanaka, Gotama, Advance dan masih banyak lagi!

Harga termurah, mulai dari Rp 100 ribuan, dijamin original dan aman sampai rumah.

loading...

Post a Comment

0 Comments