Pakar SEO Indonesia

Pakar SEO Indonesia

Artikel ini saya buat hanya untuk memotivasi agar nantinya saya bisa menjadi seorang yang ahli di bidang SEO atau bisa menjadi Pakar SEO Indonesia dan memberikan banyak manfaat atas ilmu tersebut. Bagi sobat yang belum paham apa itu SEO, coba simak sampai habis ulasan dibawah ini.

Saya tertarik mempelajari SEO sejak memiliki beberapa blog dan bekerja sebagai blogger di sebuah perusahaan ritel di kota Medan. Walau tidak ada kelas khusus yang saya lakukan untuk mempelajarinya, namun ilmu untuk mendapatkan pengetahuan tentang apa itu SEO saya dapatkan dari para master SEO atau para pakar SEO Indonesia. Prinsip ATM (amati-tiru-modifikasi) inilah yang saya pelajari secara otodidak sehingga saat ini sedikit demi sedikit bisa memahaminya.

Pengenalan SEO

Apa itu SEO?

SEO atau search engine optimization merupakan cara untuk memposisikan website di urutan pertama mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Cara ini banyak dilakukan oleh web master atau pakar SEO yang telah berkecimpung di dunia internet marketing (IM). Dengan begitu, target pasar yang diinginkan oleh perusahaan akan menjangkau banyak orang, khususnya mereka yang mencari kata kunci yang relevan dengan website yang anda miliki.

Saat ini kemajuan teknologi tak terbendungkan lagi, khususnya dibidang IT. Beberapa platform dan media digital seakan berada di genggaman kita. Ingin mencari informasi sangatlah mudah, tinggal buka smartphone dan searching di internet. Maka informasi yang kita inginkan tersebut akan tersaji di search engine atau mesin pencarian.

Situs yang memiliki posisi teratas di mesin pencarian inilah yang akan menguasai pencarian untuk beberapa kata kunci yang dicari oleh pengguna internet. Jika salah satu website yang anda miliki memiliki posisi teratas di mesin pencarian, maka website anda akan memiliki banyak pengunjungnya. Bagaimana jika website yang anda miliki tersebut merupakan situs pemasaran produk/jasa yang anda miliki? Tentu itu akan menjadi mesin ATM yang bekerja 24 jam tanpa henti.

Sebagai contoh saya akan menjelaskan melalui gambar dibawah ini :



Dari gambar diatas, jika seseorang mencari info tentang "Pakar SEO Medan" dan mencarinya di Google, maka akan muncul beberapa list website yang memuat info tentang pakar SEO Medan tersebut. Alhamdulillah saat ini untuk keyword tersebut website saya berada di urutan teratas page one mesin pencarian Google.

Maka peluang untuk dikunjungi oleh banyak orang terbuka lebar, karena para pengunjung 95 % akan mengklik situs yang berada di halaman pertama khususnya di urutan teratas mesin pencarian. Tak terbayangkan jika itu merupakan situs anda, tentu anda akan memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, misalnya anda akan menawarkan jasa SEO atau jasa SEO di Medan.

Bagaimana Cara Untuk Bisa Mempelajari SEO?

Seperti yang telah saya sampaikan pada ulasan diatas, bahwa mempelajari SEO itu tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran dan kemauan keras untuk bisa berhasil. Intinya ilmu yang ingin kita dapatkan harus segera dipraktekkan. Jika hanya teori, maka tidak akan bisa mengetahui apakah ilmu yang didapat sudah berhasil atau tidak.

Saat ini ada banyak pakar SEO atau master SEO di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi anda. Anda bisa berguru kepada mereka, atau jika tidak diijinkan anda bisa mengikuti jejak saya ini. Coba lihat website apa saja yang sedang mereka tangani. Amati, tiru dan modifikasi, inilah hal yang saya lakukan sebelumnya. Bahkan saya sudah sering ditolak oleh beberapa orang untuk bisa mengajari saya tentang SEO. Pengalaman itu saya dapatkan diawal-awal saya mempelajarinya.

Orang yang menolak saya itu merupakan salah satu kontestan yang sering menang saat mengikuti kontes SEO. Bahkan di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, jika ijin ALLAH maka yang dulunya kita jadikan sebagai panutan bisa kita kalahkan dalam sebuah ajang kontes SEO. Alhamdulillah dia yang dulunya menolak mengajarkan saya ilmu tentang SEO, diwaktu yang bersamaan kami sama-sama mengikuti kontes SEO dengan hadiah yang lumayan besar dan saya bisa menjadi juara 1 mengalahkan beliau.

Walau saat ini saya masih terus berupaya untuk terus belajar tentang apa itu SEO, setidaknya ilmu yang saya pelajari bisa saya praktekkan di kontes SEO dan memenangkan beberapa kontes SEO nasional seperti dibawah ini :

1. Juara 1 Kontes Konektifa 2




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada

2. Juara 3 kontes SEO Fastravel




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada

3. Juara 1 kontes SEO Omegasoft




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada


4. Juara 1 kontes SEO The Watch Co




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada

5. Juara 3 kontes SEO Vitaplas




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada


6. Juara 1 kontes SEO Agroteknologi


7. Juara 1 kontes SEO Jobsmart




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada

8. Juara 2 kontes SEO Marimas




Sebuah kiriman dibagikan oleh Arman Syah (@bos4rman) pada

9. Juara 10 besar kontes SEO Nutrisi Anak Sehat


Dan ada beberapa lagi kontes SEO yang saya menangkan namun ternyata scam atau penipuan.

Dari pengalaman inilah kita bisa mengambil pelajaran bahwa jika ada kemauan semua bisa didapatkan asal diiringi dengan doa dan kerja keras. Bukan untuk dibanggakan, namun prestasi tersebut menjadi sebuah motivasi agar nantinya saya bisa memiliki gelar menjadi seorang Pakar SEO Indonesia yang memberikan ilmunya untuk manfaat orang banyak.

Ilmu juga tidak harus disimpan, karena semakin banyak dibagikan, maka akan semakin banyak ilmu yang akan datang kepada diri kita sendiri. Walau saat ini saya masih terbilang newbie, tapi setidaknya kemauan untuk terus belajar untuk bisa mendapatkan gelar Pakar SEO Indonesia bisa terwujudkan dengan baik. InsyaAllah, Amin.

Blog, Updated at: 14:17:00

0 komentar:

Post a Comment

loading...